CONTOH LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN MAGANG
KANTOR DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA
KOTA MEDAN
DISUSUN
OLEH :
FAISAL
EFENDI
100705001
PROGRAM
STUDI DIPLOMA III KESEKRETARIATAN
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2015
DAFTAR ISI
Halaman
KATA
PENGANTAR
..................................................................................... i
DAFTAR ISI …………………………………………………………... iv
BAB
I PENDAHULUAN ……………………………………………. 1
1.1 Latar Belakang …………………………………………………………. 1
1.2 Tujuan Magang ……………………………………………………….... 2
1.3 Manfaat Magang ………………………………………………………. 2
1.4 Tempat dan Waktu Magang ………………………………………. 2
BAB II PEMBAHASAN MAGANG …………………………………. 3
2.1
Jenis dan Kegiatan Magang ………………………………... 3
2.2
Prosedur Magang …………………………………………... 4
BAB
III PELAKSANAAN
MAGANG ………………………………... 5
3.1
Minggu Pertama Kerja Magang …………………………… 5
3.2
Minggu Kedua Kerja Magang …………………………….. 6
3.3
Minggu Ketiga Kerja Magang …………………………….. 7
3.4
Minggu Keempat Kerja Magang ………………………….. 8
3.5
Minggu Kelima Kerja Magang ……………………………. 10
3.6
Minggu Keenam Kerja Magang …………………………… 12
BAB IV KESIMPULAN
DAN SARAN……………………………...... 13
4.1
kesimpulan …………………………………………………. 13
4.2
Saran ………………………………………………………….. 14
iv
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah Swt atas segala rahmat hidayah dan
karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan magang yang dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota
Medan sebagai persyaratan mutlak untuk kelulusan pendidkan Diploma III Program
Studi Kesekretariatan Universitas Sumatera Utara.
Tujuan
magang ini adalah untuk menambah wawasan, pengalaman dan pemahaman, serta untuk
memberi gambaran pada penulis mengenai aplikasi teori yang didapat
diperkuliahan kedalam dunia yang sesungguhnya. Penulis jadi tau baagaimana cara
kerja, aturan dan tatakrama dalam kerja
tersebut. Selama 6 minggu kegiatan magang penulis berkesempatan melakukan
pekerjaan dan pengamatan serta mengambil bagian dalam beberapa aktifitas di Kantor
Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan.
Dalam
menyelesaikan laporan praktek kerja lapangan ini penulis tidak lepas dari
bimbingan, bantuan dan pengarahan dari berbagai pihak, untuk itu penulis
mengucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada :
1.
Bapak Prof. Dr. Azhar Maksum, Mec, Ac,
Ak, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
2.
Ibu Dr. Beby Karina Fawzeea Sembiring,
SE, MM, selaku Ketua Program Studi Diploma III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
3.
Ibu Magdalena Linda Sibarani, SE, MSi,
selaku Sekretaris Program Studi Diploma III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
4.
Seluruh Dosen Pengajar dan Pegawai
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Diploma III Kesekretariatan Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara yang telah membantu penulis
mendapatkan informasi dan urusan kampus.
5.
Kedua orangtua tercinta saya, Ayahanda
Azhar Hafnie dan Ibunda Pairah, yang selaku memberikan do’a, dukungan dan
motivasi. Terimakasih untuk segala pengorbanan yang tidak ternilai. Semoga
Allah SWT membalas semua kebaikan kalian. Amin ya Allah.
6.
Seluruh teman-teman khususnya stambuk
2012 yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Terimakasih atas persahabatan
yang tidak akan pernah penulis lupakan.
i
7.
Seluruh Staff dan Pegawai Kantor Dinas
Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan yang berinteraksi langsung maupun tidak
langsung dengan penulis yang telah membantu, mengajarkan dan membimbing penulis
saat melakukan magang di kantor tersebut.
8.
Dan terimakasih pula kepada teman magang
lainnya yang berada di Universitas maupun di luar Universitas.
Atas
segala bantuan dan bimbingan serta kerjasama yang baik yang telah diberikan
selama melaksanakan praktek kerja lapangan, maka penulis ucapkan terimakasih
dan hanya dapat memanjatka doa semoga kebaikan tersebut dibalas dengan pahala
yang berlipat ganda dan merupakan suatu amal kebaikan diisi llah SWT.
Penulis
juga menyadari bahwa dalam penulisan laporan praktek kerja lapangan ini masih
terdapat kekurangan-kekurangan, maka dengan segala kerendahan hati penulis
menerima kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.
Akhir
kata penulis berharap agar upaya ini dapat mencapai maksud yang diinginkan dan
dapat menjadi tulisan yang berguna bagi semua pihak.
Medan,
5 Mei 2015
Penulis
(Azlina)
ii
1
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 latar belakang
Sebagaimana kita
ketahui bersama, bahwa tingkat pengangguran semakin hari, semakin banyak,
bahkan dari kalangan sarjana, pengangguran mencapai ribuan orang.Salah satu
yang menjadi landasan penyebabnya adalah kesarjanaan mereka tidak dibarengi
dengan keahlian yang dapat diandalkan untuk memasuki dunia kerja yang semakin
kompetitif.
Dengan berkembangnya
teknologi dan ilmu pengetahuan kita dituntut untuk bersaing dalam dunia kerja
dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kualitas
ilmu pengetahuan yang baik dan kompenen kepribadian baik serta memiliki
keterampilan yang dapat digunakan dalam pengabdiannya kepada masyarakat dan
negara dalam bidang pekerjaan yang digelutinya.
Dalam era globalisasi
ini, maka mahasiswa dituntut untuk lebih maju dengan peningkatan sumber daya
manusia yang mutlak harus dimiliki mahasiswa yang salah satu perwujudannya
melalui program magang.
Dengan magang,
mahasiswa dapat mempraktekkan langsung apa yang didapat dibangku perkuliahan
dengan terlibat langsung pada pekerjaan yang menuntut rasa tanggung jawab atas
pekerjaan sehingga akan tercipta tenaga kerja yang berkualitas dan siap pakai.
Melalui magang ini,
mahasiswa berkesempatan untuk mengembangkan cara berpikir, memberikan ide-ide
yang berguna dan dapat menambah pengetahuannya sehingga penulis dapat memiliki
rasa disiplin dan bertanggung jawab dengan apa yang diberikan kepadanya.
Pengalaman magang mahasiswa di berbagai perusahaan atau instansi akan sangat
berguna bagi mahasiswa untuk menambah kecakapan profesional, personal dan
sosial mahasiswa.Sebelum menyusun Tugas Akhir (TA) mahasiswa diwajibkan
mengikuti magang atau praktek kerja lapangan pada perusahaan, kantor, instansi
sekolah dan yang lainnya.
1.1
Tujuan Magang
Adapun
tujuan kegiatan magang yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1.
Membina dan mempersiapkan ilmu
pengetahuan mental dan etika bekerja serta menyesuaikan diri dalam menghadapi
dan mengenal dunia kerjasesungguhnya.
2.
Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
bidangnya.
3.
Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan.
4.
Menimbulkan gairah kerja yang kuat.
5.
Mengembangkan kemampuan dan profesional.
6.
Sebagai salah satu syarat dan kewajiban
mahasiswa yang akan menyelesaikan Pendidikan Diploma III Program
Studi Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera
Utara.
1.2
Manfaat Magang
Adapaun manfaat dari magang adalah
sebagai berikut:
1.
Menambah wawasan dan pengetahuan penulis
terhadap dunia kerja.
2.
Dapat meningkatkan pengalaman kerja bagi
mahasiswa magang sebelum masuk langsung ke dalam dunia kerja.
3.
Membuat penulis termotivasi dalam dunia
kerja.
4.
Penulis dapat membandingkan antara
konsep atau teori yang dihadapi selama perkuliahan dengan kenyataan operasional
di dunia kerja.
5.
Memperoleh peluang untuk dapat bekerja
di perusahaan/instansi tempat mahasiswa melaksanakan magang, setelah memperoleh
title kesarjanaan.
1.3
Waktu dan Tempat Magang
Magang dilakukan selama enam
minggu. Mahasiswa magang diharuskan bekerja selama 7 jam per hari.
Tempat magang (praktek kerja
lapangan) adalah lingkungan kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan.
Dalam hal ini, penulis mendapat kesempatan bekerja di bagian Umum/Kesekretariat Ketenagakerjaan.
2
3
BAB II
PEMBAHASAN MAGANG
2.1
Jenis dan kegiatan Magang
Sebelum
memulai kegiatan magang di Kantor Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja, Penulis
diberikan pengarahan oleh Kasubag Kepegawaian di bagian Kepegawaian Tata
Usaha.Pengarahan yang diberikan kepada penulis meliputi jadwal kerja, seragam
kerja (berpenampilan menarik dan rapi), penempatan bagian dan pembimbingan
penulis serta menekankan kepada mahasiswa magang untuk bersikap disiplin baik
hal waktu maupun dalam melakukan segala tugas yang diberikan oleh atasan maupun
pegawai yang ada di masing-masing bagian.
Pelaksanaan
magang di kantor Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja bertempat di jalan Wahid Hisyam
No. 47 Medan yang dilaksanakan selama 6 Minggu. Pelaksaan Magang dimulai pada
tanggal 16 Februari 2015 Sampai dengan Tanggal 27 Maret 2015 pada hari senin
sampai jumat dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Selama magang
Penulis ditempatkan pada bagian Kepegawaian Tata Usaha.
Jadwal
Jam Kerja di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja :
1. Senin
sampai dengan Jumat
a. Jam
Masuk 08.00 sampai dengan 16.00 WIB
b. Jam
Istirahat 12.00 sampai dengan 14.00 WIB
2.2
Prosedur Magang
Berdasarkan
jadwal pelaksanaan magang yang telah ditetapkan oleh kantor Dinas Sosial Tenaga
Kerja, maka penulis melkakan praktek magang dimulai dari tanggal 16 Februari
2015 sampai dengan 27 Maret 2015.
Setelah
ditentukan penulis ditempatkan pada bagian Kepegawaian selama 6 minggu, maka
penulis harus dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja dibagian tersebut.
Peraturan yang harus dipatuhi oleh peserta magang yaitu :
1. Hadir
setiap hari Senin sampai dengan Jumat pada pukul 08.00 WIB
2. Istirahat
makan siang dan sholat pukul 12.00 – 13.30 WIB
3. Pulang
pada pukul 16.00 WIB pada hari Senin sampai dengan Jumat
4. Apabila
ada kepentingan dan harus meninggalkan kantor harus meminta izin terlebih
dahulu.
5. Berpakaian
Sopan dengan menggunakan Kemeja Putih
dan Rok Hitam
4
5
BAB III
PELAKSANAAN MAGANG
3.1 Minggu Pertama Kerja Magang (16
Februari 2015 sampai dengan 20 Februari 2015)
Pelaksanaan magang
yang dilakukan oleh penulis selama melakukan magang di kantor Dinas Sosial
Tenaga Kerja (DISOSNAKER), maka penulis harus mengikuti peraturan yang ada
uraian pekerjaan yang dilakukan penulis sebagai berikut :
3.1.1
Senin,
16 Februari 2015
Penulis ditempatkan
dalam bagian Tata Usaha Menangani Surat Masuk dan Surat Keluar. Kegiatan yang
dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Perkenalan
dengan pimpinan beserta staff yang lain
dari DISOSNAKER
2.
Melakukan
pengecekan surat pada kerjaan bapak sekretaris lalu dikoreksi dengan baik
3.
Menulis
surat Izin dan Wajib Lapor
3.1.2 Selasa, 17 Februari 2015
Penulis di tempatkan
dalam bagian kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Kepegfawaian adalah sebagai berikut :
1.
Bapak
Sekretaris Disosnaker memanggil saya keruangannya, untuk dimintai pendapat
terhadap event kebudayaan batak yang beliau buat bersama dengan rekannya.
2.
Setelah
itu saya di beri tugas oleh beliau untuk mengprint beberapa brosur eventnya
3.1.3 Rabu 18 Februari 2015
Penulis ditempatkan
dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan sebagai berikut :
1. Menulis
surat Izin dan Wajib Lapor Di cek dengan baik setiap nomor/kode yang
sesuai dengan surat tersebut lalu
dipindahkan/ditulis kedalam buku agenda besar sebagai tanda prihal.
3.1.4
Kamis 19 Februari 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan
sebagai berikut :
1. LIBUR
HARI RAYA IMLEK
3.1.5
Jumat, 20 Februari 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan
penulis sebagai berikut :
1. Menangani
Surat Keluar dengan memberikan nomor/kode sesuai dengan peraturan kode/nomor Negara RI, lalu di masukan ke
dalam buku besar Agenda
2. Meminta
ajari pada anak PKL SMK bagaimana cara menangani beberapasurat masuk dan keluar
mengingat anak SMK tersebut lebih duluan ada dibagian TU.
3.2 Minggu Kedua Kerja Magang (23
Februari 2015 sampai dengan 27 Februari
2015)
3.2.1
Senin, 23 Februari 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan
penulis sebagai berikut :
1. Izin
untuk menghadiri perkuliahan Umum
2. Balik
kekantor setengah hari, lalu menyusun surat keluar dan melakukan pengecekan
terhadap surat keluar dan masuk
3.2.2
Selasa, 24 Februari 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan
penulis sebagai berikut :
3. Izin
keluar untuk mengahadiri perkuliahan Umum
4. Kembali
kekantor setengah hari, lalu menangani surat masuk dan surat keluar
5. Memfotocopy
sebuah surat kerja dalam 2 lembar
6
3.2.3
Rabu, 25 Februari 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis sebagai berikut :
1.
Menangani surat masuk dan surat keluar
2. Memberikan kode pada surat wajib lapor dan
surat Izin
3.2.4
Kamis, 26 Februari 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Menangani
surat masuk
2. Mengarsip
Beberapa Surat Kerja yang diletakkan dan disesuaikan berdasarkan nomor urut
yang ada di buku besar
3.2.5
Jumat, 27 Februari 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Menagani
surat wajib lapor dan surat izin
2. Menagani
surat masuk & surat keluar
3.3 Minggu Ketiga Magang (02 Maret
2015 sampai dengan 06 Maret 2015)
3.3.1
Senin, 02 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Menagani
surat masuk & surat keluar
2. Mendisposiskan
surat masuk ke lembar disposisi
3. Mengantarkan
surat ke ruang Sekretariat
4. Mengekspedisikan
surat ke buku ekspedisi.
5. Mengantarkan
surat-surat ke bidang masing-masing
7
3.3.2
Selasa, 03 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Menagani
surat wajib lapor dan surat izin
2. Menagani
surat masuk & surat keluar
3.3.3Rabu,
04 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Menangani Surat Masuk dan Surat Kelua
3.3.4
Kamis, 05 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Menagani Surat Keluar dan Masuk
2.
Mengarsip surat
3.3.5
Jumat, 06 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Menangani Surat Masuk dan Keluar
2. Mengantarkan
beberapa surat masuk ke ruang sekretaris
3.4
Minggu Keempat Kerja Magang (09 Maret 2015 sampai dengan 13 Maret 2015)
3.4.1
Senin, 09 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Menangani surat masuk
2.
Mengexpedisikan surat-surat masuk
kebeberapa buku ekspedisi lalu diantarkan kebidang masing-masing yang menangani
surat tersebut
8
3.4.2
Selasa, 10 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Menangani surat masuk dan keluar
2.
Mengarsipkan berkas surat
3.4.3
Rabu, 11 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Menangani surat wajib lapor dan izin
2.
Menangani surat masuk
3.
Mengekspedisi surat-surat masuk kedalam
buku ekspedisi setelah itu diantarkan kebidang masing-masing yang menangani
surat tersebut
3.4.4 Kamis,
12 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Menangani surat masuk dan murat keluar
2.
Mengarsip surat masuk dan surat keluar
3.4.5
Jumat, 13 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Mendisposisikan
surat-surat masuk kedalam buku expedisi setelah itu diantarkan kebidang
masing-masing yang menangani surat tersebut
2. Menangani
surat masuk dan keluar
3. Mengarsipkan
surat
4. Jika
ada tamu yang datang ingin bertanya atau membutuhkan sesuatu, maka Penulis akan
melayani tamu tersebut. Dan apabila tamu/pengirim surat ingin memberikan
surat-surat masuk, maka Penulis dapat menerima surat masuk tersebut dan
menanyakan kepada tamu/pengirim apakah surat pertinggal/tanda terimanya ada
atau tidak.tanggal kapan surat tersebut masuk. Surat tersebut sebagai bukti
bahwa menandakan surat sudah masuk ke Disosnaker (Dinas Sosial Tenaga Kerja).
9
3.5
Minggu Kelima Kerja Magang (16 Maret 2015 sampai dengan 20 Maret 2015)
3.5.1
Senin,
16 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Izin Menghadiri perkuliahan umum
2.
Balik kekantor setengah hari
3.
Dan menangani surat masuk dan surat
keluar
3.5.2
Selasa, 17 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Mengarsip surat
2.
Menagani surta masuk dan surat keluar
3.5.3
Rabu, 18 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Mengexpedisikan
surat lalu memberikan suratnya kebidang masing-masing
2. Mengantarkan
surat masuk ke ruangan pak sekretaris untuk di tanda tangani dan pemberian
stempel
3.5.4
Kamis, 19 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Mengexpedisikan
surat lalu memberikannya kebidang masing-masing
2.
Menangani surat masuk dan surat keluar
3.5.5
Jumat, 20 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
10
1. Mencatat
penomoran surat masuk, pengkodean, tanggal surat, asal surat.
2. Perihal surat Ditulis dan dicatat ke buku
agenda dan lembar disposisi.
3. Setelah
di disposisikan surat, kemudian di stempel dan membuat kode serta tanggal.
4. Surat
di antarkan ke ruang Sekretariat.
5. Mengekspedisi/Mencatat dan memindahkan ke buku
ekspedisi.
6. Mengantarkan surat-surat tersebut ke bidang
masing-masing.
7. Menulis
penomoran surat keluar beserta kode dan memindahkan ke buku agenda.
3.6 Minggu Keenam Kerja Magang (23
Maret 2015 sampai dengan 28 Maret 2015)
3.6.1
Senin, 23 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Izin
mengahadiri perkuliahan umum
2. Balik
kekantor setengah hari
3. Mengekspedisi/Mencatat
dan memindahkan ke buku ekspedisi.
4. Mengantarkan
surat-surat tersebut ke bidang masing-masing.
5.
Menulis penomoran surat keluar beserta
kode dan memindahkan ke buku agenda.
3.6.2
Selasa, 24 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Izin
menghadiri perkuliahan umum
2. Balik
kekantor setengah hari
3. Menyususn
beberapa surat arsip
4. Menulis
penomoran surat keluar beserta kode dan memindahkan ke buku agenda.
5. Membantu dan melaksanakan tugas yang
diperintahkan oleh pegawai Kasubbag Program, yaitu mengecek dan menghitung
kembali data-data yang telah diberikan.
11
3.6.3
Rabu, 25 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.
Menangani surat masuk dan surat keluar
2.
Mengexpedisikan beberapa surat dan
mengantarkan surat tersebut kebidang masing-masing
3.
Jika ada tamu yang datang ingin bertanya
atau membutuhkan sesuatu, maka Penulis akan melayani tamu tersebut. Dan apabila
tamu/pengirim surat ingin memberikan surat-surat masuk, maka Penulis dapat
menerima surat masuk tersebut dan menanyakan kepada tamu/pengirim apakah surat
pertinggal/tanda terimanya ada atau tidak.tanggal kapan surat tersebut masuk.
Surat tersebut sebagai bukti bahwa menandakan surat sudah masuk ke Disosnaker
(Dinas Sosial Tenaga Kerja).
3.6.4
Kamis, 26 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Mendisposisikan
surat-surat masuk ke lembar disposisi dan mengantarkan ke ruang
Sekretariat.
2. Mengekspedisikan
surat dan di antarkan ke bidang masing-masing.
3. Menulis dan membuat penomoran surat masuk,
perihal, tanggal, asal surat, serta kode
ke dalam
buku agenda dan lembar disposisi.
4. Mengarsipkan
surat keluar.
3.6.5Jumat,
27 Maret 2015
Penulis
ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam
bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut12
1.
Mengekspedisikan surat dan mengantarkan
ke bidang masing-masing.
2.
Menulis dan membuat penomoran surat
masuk, perihal, tanggal, asal surat, serta kode ke dalam buku agenda dan lembar disposisi.
3.
Menulis penomoran surat-surat keluar,
dan mencatatnya ke dalam buku agenda.
4.
Mendisposisikan surat-surat masuk dan
mengantarkan ke ruang Sekretaria
12
13
BAB IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Dari
uraian kegiatan yang dilakukan penulis selama magang di Kantor Dinas Sosial dan
Tenaga Kerja Kota Medan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Kantor
Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan merupakan unsur pelaksana Pemerintah Kota Medan yang mempunyai tugas
melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah dalam bidang ketenagakerjaan
dan melaksanakan tugas pembantu sesuai dengan bidang tugasnya.
2. Penulis
dapat memahami interaksi kerja dengan sinergi kerja dan mengenal dunia kerja
yang sesungguhnya dalam bidang pekerjaan khususnya sebagai Pegawai, dan
meningkatkan tingkat kecermatan dalam menginput data dan lain-lain.
3. Adanya
kerjasama tim yang baik dalam melaksanakan kelompok magang, sikap ingin tahu
dan mau belajar, serta adanya kemampuan dalam bidang ketatausahaan khususnya
surat menyurat yang dimiliki peserta
magang, sehingga transformasi ilmu dan arahan pementor dapat dipahami oleh
peserta magang dan tepat sasaran merupakan faktor khusus yang membantu kegiatan
peserta magang.
4. Sikap
pementor yang sangat tegas, disiplin serta bersahabat dan cukup mengayomi
peserta magang. Adanya bimbingan dan arahan yang baik dari pementor dalam
pelaksanaan kegiatan magang.
4.2 Saran
Setelah
penulis melaksanakan praktek kerja lapangan selama 6 minggu pada Kantor Dinas
Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan, Penulis memberikan saran-saran yang mungkin
dapat menjadi bahan masukan bagi kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota
Medan. Adapun saran-saran yang dapat Penulis berikan adalah sebagai berikut :
1. Dinas
Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan sebagai Kantor yang berkompeten dapat
meningkatkankan kinerja karyawan dalam bekerja.
2. Penulis
berharap agar karyawan di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan ini
tetap mempertahankan dan meningkatkan kedisiplinan dan juga kinerja karyawan
yang telah ada dalam Kantor agar sesuai yang diharapkan oleh Kantor.
3. Para
pemipin,ketua bidang, dan para staff sangat berkerja keras sekali mereka selalu
melakukan yang terbaik untuk tugas kenegaraan
4. Mereka
yang sangat bersahabat itu sangat welcome kepada para peserta PKL sehingga kami
mendapat suatu pemikiran bahwa kami sangat dipercaya untuk memegang pekerjaan
mereka.
5. Instansi
Dinas Sosial dan Tenaga Kerja sangat mengayomi para masyarakat, ketika mereka
datang dengan segala hal masalah para staff sangat bergerak cepat untuk
menangani mereka.
14
makasih bro, lumayan membantu saya dalam merancang LKP saya
ReplyDeleteterimaksi sobat. apa yang anda pos bisa jadi panduan laporan khusnya saya :) .
ReplyDeletePerkenlakan nama saya Bahri, dari UNIVERSITAS NUSA TENGGARA BARAT, FAKULTAS KESEHTAN MASYARAKAT.
sama@ bosku semoga bermanfaat
DeleteSangat membantu. Thx bro. Salam kenal.
ReplyDeleteSangat membantu. Thx bro. Salam kenal.
ReplyDeleteTitip
ReplyDeletehttp://aminmaulani.blogspot.co.id/2015/11/contoh-laporan-pkl-di-peternakan.html
terima kasih . sngat mmbntu :)
ReplyDeleteTerima kasih brother ...
ReplyDeletebermanfaat dan membantu saya ...
sip, Sangat membantu, :)
ReplyDeleteTerimakasi sangat membantu saya
ReplyDeleteTerima kasih sangat membantu bang
ReplyDelete