Friday, May 8, 2015

CONTOH LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN MAGANG KANTOR DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA KOTA MEDAN OLEH FAISAL EFENDI

CONTOH LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN MAGANG
KANTOR DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA
KOTA MEDAN

CV5A-xaj_400x400.jpeg


DISUSUN OLEH :

FAISAL EFENDI
100705001


PROGRAM STUDI DIPLOMA III KESEKRETARIATAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
 UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2015




DAFTAR  ISI
Halaman
KATA PENGANTAR .....................................................................................        i
DAFTAR  ISI …………………………………………………………...    iv
BAB I                                     PENDAHULUAN  …………………………………………….     1
1.1 Latar Belakang ………………………………………………………….        1
1.2 Tujuan Magang ………………………………………………………....        2
1.3 Manfaat Magang ……………………………………………………….         2
1.4 Tempat dan Waktu Magang ……………………………………….        2

BAB  II                       PEMBAHASAN  MAGANG ………………………………….    3
2.1 Jenis dan Kegiatan Magang ………………………………...      3
2.2 Prosedur Magang …………………………………………...      4

BAB III                      PELAKSANAAN MAGANG ………………………………...     5
3.1 Minggu Pertama Kerja Magang ……………………………       5
3.2 Minggu Kedua Kerja Magang ……………………………..       6
3.3 Minggu Ketiga Kerja Magang ……………………………..       7
3.4 Minggu Keempat Kerja Magang …………………………..       8
3.5 Minggu Kelima Kerja Magang …………………………….       10
3.6 Minggu Keenam Kerja Magang ……………………………       12

BAB IV                 KESIMPULAN DAN SARAN……………………………......     13
4.1 kesimpulan ………………………………………………….      13
4.2 Saran …………………………………………………………..  14

iv

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah Swt atas segala rahmat hidayah dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan magang yang dilaksanakan  di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan sebagai persyaratan mutlak untuk kelulusan pendidkan Diploma III Program Studi Kesekretariatan Universitas Sumatera Utara.
Tujuan magang ini adalah untuk menambah wawasan, pengalaman dan pemahaman, serta untuk memberi gambaran pada penulis mengenai aplikasi teori yang didapat diperkuliahan kedalam dunia yang sesungguhnya. Penulis jadi tau baagaimana cara kerja,  aturan dan tatakrama dalam kerja tersebut. Selama 6 minggu kegiatan magang penulis berkesempatan melakukan pekerjaan dan pengamatan serta mengambil bagian dalam beberapa aktifitas di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan.
Dalam menyelesaikan laporan praktek kerja lapangan ini penulis tidak lepas dari bimbingan, bantuan dan pengarahan dari berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada :
1.             Bapak Prof. Dr. Azhar Maksum, Mec, Ac, Ak, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
2.             Ibu Dr. Beby Karina Fawzeea Sembiring, SE, MM, selaku Ketua Program Studi Diploma III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
3.             Ibu Magdalena Linda Sibarani, SE, MSi, selaku Sekretaris Program Studi Diploma III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
4.             Seluruh Dosen Pengajar dan Pegawai Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Diploma III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara yang telah membantu penulis mendapatkan informasi dan urusan kampus.
5.             Kedua orangtua tercinta saya, Ayahanda Azhar Hafnie dan Ibunda Pairah, yang selaku memberikan do’a, dukungan dan motivasi. Terimakasih untuk segala pengorbanan yang tidak ternilai. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kalian. Amin ya Allah.
6.             Seluruh teman-teman khususnya stambuk 2012 yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Terimakasih atas persahabatan yang tidak akan pernah penulis lupakan.

i
7.             Seluruh Staff dan Pegawai Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan yang berinteraksi langsung maupun tidak langsung dengan penulis yang telah membantu, mengajarkan dan membimbing penulis saat melakukan magang di kantor tersebut.
8.             Dan terimakasih pula kepada teman magang lainnya yang berada di Universitas maupun di luar Universitas.

Atas segala bantuan dan bimbingan serta kerjasama yang baik yang telah diberikan selama melaksanakan praktek kerja lapangan, maka penulis ucapkan terimakasih dan hanya dapat memanjatka doa semoga kebaikan tersebut dibalas dengan pahala yang berlipat ganda dan merupakan suatu amal kebaikan diisi llah SWT.

Penulis juga menyadari bahwa dalam penulisan laporan praktek kerja lapangan ini masih terdapat kekurangan-kekurangan, maka dengan segala kerendahan hati penulis menerima kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.

Akhir kata penulis berharap agar upaya ini dapat mencapai maksud yang diinginkan dan dapat menjadi tulisan yang berguna bagi semua pihak.




Medan, 5 Mei  2015

Penulis




(Azlina)




ii
1

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  latar belakang
Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa tingkat pengangguran semakin hari, semakin banyak, bahkan dari kalangan sarjana, pengangguran mencapai ribuan orang.Salah satu yang menjadi landasan penyebabnya adalah kesarjanaan mereka tidak dibarengi dengan keahlian yang dapat diandalkan untuk memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif.

Dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan kita dituntut untuk bersaing dalam dunia kerja dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kualitas ilmu pengetahuan yang baik dan kompenen kepribadian baik serta memiliki keterampilan yang dapat digunakan dalam pengabdiannya kepada masyarakat dan negara dalam bidang pekerjaan yang digelutinya.

Dalam era globalisasi ini, maka mahasiswa dituntut untuk lebih maju dengan peningkatan sumber daya manusia yang mutlak harus dimiliki mahasiswa yang salah satu perwujudannya melalui program magang.
Dengan magang, mahasiswa dapat mempraktekkan langsung apa yang didapat dibangku perkuliahan dengan terlibat langsung pada pekerjaan yang menuntut rasa tanggung jawab atas pekerjaan sehingga akan tercipta tenaga kerja yang berkualitas dan siap pakai.

Melalui magang ini, mahasiswa berkesempatan untuk mengembangkan cara berpikir, memberikan ide-ide yang berguna dan dapat menambah pengetahuannya sehingga penulis dapat memiliki rasa disiplin dan bertanggung jawab dengan apa yang diberikan kepadanya. Pengalaman magang mahasiswa di berbagai perusahaan atau instansi akan sangat berguna bagi mahasiswa untuk menambah kecakapan profesional, personal dan sosial mahasiswa.Sebelum menyusun Tugas Akhir (TA) mahasiswa diwajibkan mengikuti magang atau praktek kerja lapangan pada perusahaan, kantor, instansi sekolah dan yang lainnya.


1.1                Tujuan Magang

Adapun tujuan kegiatan magang yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1.             Membina dan mempersiapkan ilmu pengetahuan mental dan etika bekerja serta menyesuaikan diri dalam menghadapi dan mengenal dunia kerjasesungguhnya.
2.             Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidangnya.
3.             Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan.
4.             Menimbulkan gairah kerja yang kuat.
5.             Mengembangkan kemampuan dan profesional.
6.             Sebagai salah satu syarat dan kewajiban mahasiswa yang akan menyelesaikan Pendidikan Diploma III Program Studi Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

1.2                Manfaat Magang

Adapaun manfaat dari magang adalah sebagai berikut:
1.             Menambah wawasan dan pengetahuan penulis terhadap dunia kerja.
2.             Dapat meningkatkan pengalaman kerja bagi mahasiswa magang sebelum masuk langsung ke dalam dunia kerja.
3.             Membuat penulis termotivasi dalam dunia kerja.
4.             Penulis dapat membandingkan antara konsep atau teori yang dihadapi selama perkuliahan dengan kenyataan operasional di dunia kerja.
5.             Memperoleh peluang untuk dapat bekerja di perusahaan/instansi tempat mahasiswa melaksanakan magang, setelah memperoleh title kesarjanaan.

1.3                Waktu dan Tempat Magang
Magang dilakukan selama enam minggu. Mahasiswa magang diharuskan bekerja selama 7 jam per hari.
Tempat magang (praktek kerja lapangan) adalah lingkungan kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan. Dalam hal ini, penulis mendapat kesempatan bekerja di bagian  Umum/Kesekretariat Ketenagakerjaan.
2
3
BAB II
PEMBAHASAN MAGANG
2.1 Jenis dan kegiatan Magang
Sebelum memulai kegiatan magang di Kantor Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja, Penulis diberikan pengarahan oleh Kasubag Kepegawaian di bagian Kepegawaian Tata Usaha.Pengarahan yang diberikan kepada penulis meliputi jadwal kerja, seragam kerja (berpenampilan menarik dan rapi), penempatan bagian dan pembimbingan penulis serta menekankan kepada mahasiswa magang untuk bersikap disiplin baik hal waktu maupun dalam melakukan segala tugas yang diberikan oleh atasan maupun pegawai yang ada di masing-masing bagian.
Pelaksanaan magang di kantor Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja bertempat di jalan Wahid Hisyam No. 47 Medan yang dilaksanakan selama 6 Minggu. Pelaksaan Magang dimulai pada tanggal 16 Februari 2015 Sampai dengan Tanggal 27 Maret 2015 pada hari senin sampai jumat dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Selama magang Penulis ditempatkan pada bagian Kepegawaian Tata Usaha.
Jadwal Jam Kerja di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja :
1.      Senin sampai dengan Jumat
a.       Jam Masuk 08.00 sampai dengan 16.00 WIB
b.      Jam Istirahat 12.00 sampai dengan 14.00 WIB
2.2 Prosedur Magang
Berdasarkan jadwal pelaksanaan magang yang telah ditetapkan oleh kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja, maka penulis melkakan praktek magang dimulai dari tanggal 16 Februari 2015 sampai dengan 27 Maret 2015.
Setelah ditentukan penulis ditempatkan pada bagian Kepegawaian selama 6 minggu, maka penulis harus dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja dibagian tersebut. Peraturan yang harus dipatuhi oleh peserta magang yaitu :

1.      Hadir setiap hari Senin sampai dengan Jumat pada pukul 08.00 WIB
2.      Istirahat makan siang dan sholat pukul 12.00 – 13.30 WIB
3.      Pulang pada pukul 16.00 WIB pada hari Senin sampai dengan Jumat
4.      Apabila ada kepentingan dan harus meninggalkan kantor harus meminta izin terlebih dahulu.
5.      Berpakaian Sopan dengan menggunakan  Kemeja Putih dan Rok Hitam

















4
5
BAB III
PELAKSANAAN MAGANG
3.1 Minggu Pertama Kerja Magang (16 Februari 2015 sampai dengan 20 Februari 2015)
Pelaksanaan magang yang dilakukan oleh penulis selama melakukan magang di kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja (DISOSNAKER), maka penulis harus mengikuti peraturan yang ada uraian pekerjaan yang dilakukan penulis sebagai berikut :
3.1.1    Senin, 16 Februari 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha Menangani Surat Masuk dan Surat Keluar. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Perkenalan dengan pimpinan beserta staff  yang lain dari DISOSNAKER
2.      Melakukan pengecekan surat pada kerjaan bapak sekretaris lalu dikoreksi dengan baik
3.      Menulis surat Izin dan Wajib Lapor
3.1.2 Selasa, 17 Februari 2015
Penulis di tempatkan dalam bagian kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Kepegfawaian adalah sebagai berikut :
1.      Bapak Sekretaris Disosnaker memanggil saya keruangannya, untuk dimintai pendapat terhadap event kebudayaan batak yang beliau buat bersama dengan rekannya.
2.      Setelah itu saya di beri tugas oleh beliau untuk mengprint beberapa brosur eventnya
3.1.3 Rabu 18 Februari 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan sebagai berikut :
1.      Menulis surat Izin dan Wajib Lapor Di cek dengan baik setiap nomor/kode yang
sesuai dengan surat tersebut lalu dipindahkan/ditulis kedalam buku agenda besar sebagai tanda prihal.

3.1.4 Kamis 19 Februari 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan sebagai berikut :
1.      LIBUR HARI RAYA IMLEK
3.1.5 Jumat, 20 Februari 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis sebagai berikut :
1.      Menangani Surat Keluar dengan memberikan nomor/kode sesuai dengan peraturan     kode/nomor Negara RI, lalu di masukan ke dalam buku besar Agenda
2.      Meminta ajari pada anak PKL SMK bagaimana cara menangani beberapasurat masuk dan keluar mengingat anak SMK tersebut lebih duluan ada dibagian TU.
3.2 Minggu Kedua Kerja Magang (23 Februari 2015 sampai dengan 27 Februari  2015)
3.2.1 Senin, 23 Februari 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis sebagai berikut :
1.      Izin untuk menghadiri perkuliahan Umum
2.      Balik kekantor setengah hari, lalu menyusun surat keluar dan melakukan pengecekan terhadap surat keluar dan masuk
3.2.2 Selasa, 24 Februari 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis sebagai berikut :
3.      Izin keluar untuk mengahadiri perkuliahan Umum
4.      Kembali kekantor setengah hari, lalu menangani surat masuk dan surat keluar
5.      Memfotocopy sebuah surat kerja dalam 2 lembar
6
3.2.3 Rabu, 25 Februari 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Kepegawaian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis sebagai berikut :
1.      Menangani surat masuk dan surat keluar
2.   Memberikan kode pada surat wajib lapor dan surat Izin
3.2.4 Kamis, 26 Februari 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menangani surat masuk
2.      Mengarsip Beberapa Surat Kerja yang diletakkan dan disesuaikan berdasarkan nomor urut yang ada di buku besar
3.2.5 Jumat, 27 Februari 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menagani surat wajib lapor dan surat izin
2.      Menagani surat masuk & surat keluar
3.3 Minggu Ketiga Magang (02 Maret 2015 sampai dengan 06 Maret 2015)
3.3.1 Senin, 02 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menagani surat masuk & surat keluar
2.      Mendisposiskan surat masuk ke lembar disposisi
3.      Mengantarkan surat ke ruang Sekretariat
4.      Mengekspedisikan surat ke buku ekspedisi.
5.      Mengantarkan surat-surat ke bidang masing-masing
7
3.3.2 Selasa, 03 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menagani surat wajib lapor dan surat izin
2.      Menagani surat masuk & surat keluar
3.3.3Rabu, 04 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
       1. Menangani Surat Masuk dan Surat Kelua
3.3.4 Kamis, 05 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menagani Surat Keluar dan Masuk
2.      Mengarsip surat
3.3.5 Jumat, 06 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menangani Surat Masuk dan Keluar
2.      Mengantarkan beberapa surat masuk ke ruang sekretaris
3.4 Minggu Keempat Kerja Magang (09 Maret 2015 sampai dengan 13 Maret 2015)
3.4.1 Senin, 09 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menangani surat masuk
2.      Mengexpedisikan surat-surat masuk kebeberapa buku ekspedisi lalu diantarkan kebidang masing-masing yang menangani surat tersebut
8
3.4.2 Selasa, 10 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menangani surat masuk dan keluar
2.      Mengarsipkan berkas surat
3.4.3 Rabu, 11 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menangani surat wajib lapor dan izin
2.      Menangani surat masuk
3.      Mengekspedisi surat-surat masuk kedalam buku ekspedisi setelah itu diantarkan kebidang masing-masing yang menangani surat tersebut

3.4.4    Kamis, 12 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menangani surat masuk dan murat keluar
2.      Mengarsip surat masuk dan surat keluar
3.4.5 Jumat, 13 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Mendisposisikan surat-surat masuk kedalam buku expedisi setelah itu diantarkan kebidang masing-masing yang menangani surat tersebut
2.      Menangani surat masuk dan keluar
3.      Mengarsipkan surat
4.      Jika ada tamu yang datang ingin bertanya atau membutuhkan sesuatu, maka Penulis akan melayani tamu tersebut. Dan apabila tamu/pengirim surat ingin memberikan surat-surat masuk, maka Penulis dapat menerima surat masuk tersebut dan menanyakan kepada tamu/pengirim apakah surat pertinggal/tanda terimanya ada atau tidak.tanggal kapan surat tersebut masuk. Surat tersebut sebagai bukti bahwa menandakan surat sudah masuk ke Disosnaker (Dinas Sosial Tenaga Kerja).

9
3.5 Minggu Kelima Kerja Magang (16 Maret 2015 sampai dengan 20 Maret 2015)
3.5.1 Senin, 16 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Izin Menghadiri perkuliahan umum
2.      Balik kekantor setengah hari
3.      Dan menangani surat masuk dan surat keluar
3.5.2 Selasa, 17 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Mengarsip surat
2.      Menagani surta masuk dan surat keluar
3.5.3 Rabu, 18 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Mengexpedisikan surat lalu memberikan suratnya kebidang masing-masing
2.      Mengantarkan surat masuk ke ruangan pak sekretaris untuk di tanda tangani dan pemberian stempel
3.5.4 Kamis, 19 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Mengexpedisikan surat lalu memberikannya kebidang masing-masing
2.      Menangani surat masuk dan surat keluar
3.5.5 Jumat, 20 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :

10
1. Mencatat penomoran surat masuk, pengkodean, tanggal surat, asal surat.
2.  Perihal surat Ditulis dan dicatat ke buku agenda dan lembar disposisi.
3. Setelah di disposisikan surat, kemudian di stempel dan membuat kode serta tanggal.
4. Surat di antarkan ke ruang Sekretariat.
5.  Mengekspedisi/Mencatat dan memindahkan ke buku ekspedisi.
6.  Mengantarkan surat-surat tersebut ke bidang masing-masing.
7. Menulis penomoran surat keluar beserta kode dan memindahkan ke buku agenda.
3.6 Minggu Keenam Kerja Magang (23 Maret 2015 sampai dengan 28 Maret 2015)
3.6.1 Senin, 23 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Izin mengahadiri perkuliahan umum
2.      Balik kekantor setengah hari
3. Mengekspedisi/Mencatat dan memindahkan ke buku ekspedisi.
4. Mengantarkan surat-surat tersebut ke bidang masing-masing.
5. Menulis penomoran surat keluar beserta kode dan memindahkan ke buku agenda.

3.6.2 Selasa, 24 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Izin menghadiri perkuliahan umum
2.      Balik kekantor setengah hari
3.      Menyususn beberapa surat arsip
4. Menulis penomoran surat keluar beserta kode dan memindahkan ke buku agenda.
5.   Membantu dan melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh pegawai Kasubbag Program, yaitu mengecek dan menghitung kembali data-data yang telah diberikan.



11
3.6.3 Rabu, 25 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1.      Menangani surat masuk dan surat keluar
2.      Mengexpedisikan beberapa surat dan mengantarkan surat tersebut kebidang masing-masing
3.    Jika ada tamu yang datang ingin bertanya atau membutuhkan sesuatu, maka Penulis akan melayani tamu tersebut. Dan apabila tamu/pengirim surat ingin memberikan surat-surat masuk, maka Penulis dapat menerima surat masuk tersebut dan menanyakan kepada tamu/pengirim apakah surat pertinggal/tanda terimanya ada atau tidak.tanggal kapan surat tersebut masuk. Surat tersebut sebagai bukti bahwa menandakan surat sudah masuk ke Disosnaker (Dinas Sosial Tenaga Kerja).

3.6.4 Kamis, 26 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut :
1. Mendisposisikan surat-surat masuk ke lembar disposisi dan mengantarkan ke ruang
Sekretariat.
2. Mengekspedisikan surat dan di antarkan ke bidang masing-masing.
3.  Menulis dan membuat penomoran surat masuk, perihal, tanggal, asal surat, serta kode
    ke dalam buku agenda dan lembar disposisi.
4. Mengarsipkan surat keluar.

3.6.5Jumat, 27 Maret 2015
Penulis ditempatkan dalam bagian Tata Usaha. Kegiatan yang dilakukan penulis dalam bagian Tata Usaha adalah sebagai berikut12
1.             Mengekspedisikan surat dan mengantarkan ke bidang masing-masing.
2.             Menulis dan membuat penomoran surat masuk, perihal, tanggal, asal surat, serta kode           ke dalam buku agenda dan lembar disposisi.
3.             Menulis penomoran surat-surat keluar, dan mencatatnya ke dalam buku agenda.
4.             Mendisposisikan surat-surat masuk dan mengantarkan ke ruang Sekretaria

12
                                                                                                                                                   13
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1        Kesimpulan
             
            Dari uraian kegiatan yang dilakukan penulis selama magang di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan merupakan unsur pelaksana  Pemerintah Kota Medan yang mempunyai tugas melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah dalam bidang ketenagakerjaan dan melaksanakan tugas pembantu sesuai dengan bidang tugasnya.
2.      Penulis dapat memahami interaksi kerja dengan sinergi kerja dan mengenal dunia kerja yang sesungguhnya dalam bidang pekerjaan khususnya sebagai Pegawai, dan meningkatkan tingkat kecermatan dalam menginput data dan lain-lain.
3.      Adanya kerjasama tim yang baik dalam melaksanakan kelompok magang, sikap ingin tahu dan mau belajar, serta adanya kemampuan dalam bidang ketatausahaan khususnya surat menyurat yang  dimiliki peserta magang, sehingga transformasi ilmu dan arahan pementor dapat dipahami oleh peserta magang dan tepat sasaran merupakan faktor khusus yang membantu kegiatan peserta magang.
4.      Sikap pementor yang sangat tegas, disiplin serta bersahabat dan cukup mengayomi peserta magang. Adanya bimbingan dan arahan yang baik dari pementor dalam pelaksanaan kegiatan magang.










4.2        Saran

              Setelah penulis melaksanakan praktek kerja lapangan selama 6 minggu pada Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan, Penulis memberikan saran-saran yang mungkin dapat menjadi bahan masukan bagi kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan. Adapun saran-saran yang dapat Penulis berikan adalah sebagai berikut :
1.      Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan sebagai Kantor yang berkompeten dapat meningkatkankan kinerja karyawan dalam bekerja.
2.      Penulis berharap agar karyawan di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan ini tetap mempertahankan dan meningkatkan kedisiplinan dan juga kinerja karyawan yang telah ada dalam Kantor agar sesuai yang diharapkan oleh Kantor.
3.      Para pemipin,ketua bidang, dan para staff sangat berkerja keras sekali mereka selalu melakukan yang terbaik untuk tugas kenegaraan
4.      Mereka yang sangat bersahabat itu sangat welcome kepada para peserta PKL sehingga kami mendapat suatu pemikiran bahwa kami sangat dipercaya untuk memegang pekerjaan mereka.
5.      Instansi Dinas Sosial dan Tenaga Kerja sangat mengayomi para masyarakat, ketika mereka datang dengan segala hal masalah para staff sangat bergerak cepat untuk menangani mereka.






14





















11 comments:

  1. makasih bro, lumayan membantu saya dalam merancang LKP saya

    ReplyDelete
  2. terimaksi sobat. apa yang anda pos bisa jadi panduan laporan khusnya saya :) .
    Perkenlakan nama saya Bahri, dari UNIVERSITAS NUSA TENGGARA BARAT, FAKULTAS KESEHTAN MASYARAKAT.

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu. Thx bro. Salam kenal.

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu. Thx bro. Salam kenal.

    ReplyDelete
  5. Titip
    http://aminmaulani.blogspot.co.id/2015/11/contoh-laporan-pkl-di-peternakan.html

    ReplyDelete
  6. Terima kasih brother ...
    bermanfaat dan membantu saya ...

    ReplyDelete
  7. Terimakasi sangat membantu saya

    ReplyDelete
  8. Terima kasih sangat membantu bang

    ReplyDelete