MENGENAL MICROSOFT WORD
DISUSUN OLEH :
EVA SURIANI NIA RAHMA RAIRANI
MAPEL : PRODUKTIF II
GURU MAPEL : SRI WULAN
S.KOM, M.KOM
SMK
SWASTA RAJA MAS LANGGA PAYUNG TAHUN AJARAN 2024-2025
KATA PENGANTAR
Microsoft word adalah program yang
sangat popular di Indonesia saat ini, dan telah menjadi standar bagi
kantor-kantor modern. Hal ini karena kemudian dalam mengoperasikan, dan
banyaknya fasilitas. Mulai dari pembuatan naskah sederhana sampai yang rumit dapat
di tangani dengan mudah oleh word.
Makalah ini di tujukan untuk dapat
menguasai Ms. Word dengan mudah dan cepat. Disusun dengan urutan dari memformat
halaman (setup halaman), membuat naskah yang sederhana, memformat dokumen,
fasilitas-fasilitas bantu untuk memudahkan mempercepat pekerjaan, pembuatan
tabel dan seterusnya. Semuanya disusun dengan urutan langkah disertai contoh soal.
Memang makalah ini ditujukan untuk
pegangan dalam mengikuti kursus, sehingga berbagai variasi mungkin akan
ditemukan dalam pertemuan dikelas, tergantung dari keaktifan perserta. Namun
demikian juga akan mudah dipakai untuk mengulang pelajaran di rumah.
Di harapkan peserta dapat mengembangkan
kemampuan-kemampuan dan petunjuk umum agar dapat mengerjakan bentuk-bentuk
naskah sejenis.
Akhirnya kami berharap
semoga makalah ini dapat bermanfaat.
Langgapayung 05 Februari 2025 Penyusun.
DAFTAR ISI
COVER…............................................................................................. i
KATA PENGANTAR........................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................... 1
Latar Belakang....................................................................................... 1
1.1 Tujuan.............................................................................................. 1
1.2 Manfaat............................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN...................................................................... 3
2.1 Sejarah Microsoft Word.................................................................. 3
2.2
Pengertian Microsoft Word............................................................ 4
2.3 Fungsi Microsoft Word................................................................... 4
2.4
Memulai Mengoperasikan Microsoft Word................................... 8
BAB III PENUTUP.............................................................................. 25
3.1 Kesimpulan..................................................................................... 25
DAFTAR PUSTAKA........................................................................... 26
BAB I PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi,
menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara
kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan
manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari
berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan
hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para
pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari microsoft office adalah
mincrosoft office word.
1.2
Tujuan
Setelah membaca
makalah ini, pembaca
diharapkan untuk dapat :
1.
Memehami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat
lunak microsoft office word.
2.
Mengoperasikan fungsi
menu-menu microsoft office
word.
3.
Mengoperasikan perintah
cetak pada microsoft office word.
4.
Mampu
menggunakan / mengaplikasikan penggunaan microsoft office word dalam kehidupan
sehari-hari.
1.3
Manfaat
Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat :
1.
Memahami cara mengoperasikan.
2.
Mengoperasikan fungsi
menu-menu yang ada.
3.
Menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan,dan
a.Bagi Pemerintah
Bisa dijadikan
sebagai sumbangsih dalam meningkatkan kualitas
pendidikan di Labuhanbatu.
b.Bagi Guru
Bisa dijadikan sebagai
acuan dalam mengajar
agar para anak didiknya dapat mengoperasikan komputer khususnya mengenai Ms. Word. c.Bagi Mahasiswa
Bisa
dijadikan sebagai bahan kajian belajar dalam rangka meningkatkan prestasi diri
pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Sejarah Microsoft office
Microsoft office adalah sebutan untuk
paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di
bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang
terkenal adalah Excel, Word, Access dan PowerPoint.
Microsoft Word atau Microsoft Office
Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan
Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983
dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan
untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO
UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
SEJARAH
1981-1990 Banyak ide dan konsep Word
diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di
Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi,
meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga
menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan
Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word,
Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu
dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki
konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan
program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM
PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga
mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain,
seperti WordStar dan WordPerfect,
menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan
cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki
banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan
sedikit perbedaan dari kode
sumber versi DOS, yang ditulis untuk
layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk
seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite,
Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program
Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program
tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna
komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk
menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau
platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0,
yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur
baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti
Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar
dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis,
sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada
waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat
sukses dan juga stabil digunakan.Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows
diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis Pada tahun 1989 dengan
harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada
tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for
Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika
dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0
untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
2.2 PENGERTIAN MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office
Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan
Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983
dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan
untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO
UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
SEJARAH 1981-1990
Banyak ide dan konsep Word diambil dari
Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo
Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan
Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard
Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word,
Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu
dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki
konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan
program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM
PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga
mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain,
seperti WordStar dan WordPerfect,
menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan
cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski memiliki
banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan
sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan
resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang
beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba
untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh.
Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut
mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer.
Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi
dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for
Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup
banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa
bulan, Microsoft mengganti
Word
3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua
pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01
secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal
untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan
versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi
pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar
Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun
selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for
Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika
dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0
untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata
2.3 FUNGSI MICROSOFT WORD
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk
membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya
kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas
tersebut dapat membantu
mempercepat pembuatan
dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali
(terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
1.
Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami
editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan
dipergunakan. (Menu Home+ Font)
2.
Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan
tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan
Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai
numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
3. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu
View + Document Views + Outline).
Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat
poin- poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen
dalam
bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya
pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah
list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
4. Pemakaian Break
Section
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya
: halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar &
Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”)
Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman
tersebut diberikan break
section. ( Menu Page Layout
+Break +Next
Page).
5.
Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran
halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor
halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page
Number + Page numbering + start at …
kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman
sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya
perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih
different first page)
6.
Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat
diusahakan diberi caption
yang terdiri dari judul
bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih
label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from
caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references
+ insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis.
Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel
tinggal diklik kanan pilih update field.
7.
Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih
references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka
daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
8.
Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat
maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map).
Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)
2.4 Memulai Mengoperasikan Microsoft Word
1.
Membuka Microsoft
Word
Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah
:
a. Klik Tombol
Start yang ada di
taskbar.
b.
Pilih menu Program
c.
Kemudian pilih dan klik program aplikasi
Microsoft Word.Tunggu sampai
jendela program Microsoft Word ditampilkan.
A. Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan
Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap
untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen
kosong, cara berikut ini bisa menjadi
alternatif dalam membuat dokumen baru.
1. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol
New, kemudian klik tombol General.
2.
Double klik pada
icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan. Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :
1.
Klik tombol New Document
yang ada pada baris menu.
2. Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu
File | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan
ditampilkan pada layar komputer anda.
3. Selain kedua alternatif di
atas, bisa juga dengan langsung menekan
tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.
B.
Membuka file yang sudah
tesimpan
1. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog
Open.
2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak
foldernya terlebih dahulu.
3. Klik pada nama file yang akan dibuka.
4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka
oleh Microsoft Word.
C. Menyimpan Dokumen
1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan
penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2. Pada jendela
Microsoft Word , pilih
menuFi l e, klik tombol
Save.
3. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama
file dokumen, dan klik Save. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk
menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.
D.
Menutup File Dokumen
1. Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft
Word akan menutup
file dokumen
yang sedang aktif.
2.
Atau bisa dilakukan dengan
menekan tombol close pada baris menu.
E.
Menutup Jendela
Microsoft Word
1. Pada jendela Microsoft
Word, pilih menuFile,
klikExit, maka jendela
Microsoft Word akan tertutup.
2. Pastikan bahwa dokumen yang
telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3. Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga
dapat dilakukan dengan mengklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari
jendela Microsoft Word.
F. Mengetik Dokumen Sederhana
Pada saat memulai program aplikasi
Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi
nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks,
teks yang Anda ketik akan muncul di
posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor
dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai
akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis
pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk
memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai
pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau
memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah
paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan
tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn
ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai
dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini
tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana
berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan
nama Undangan Training.
G.
Mengedit Teks
Jika anda membuat
kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat memperbaikinya dengan berbagai cara
berikut ini :
· Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
·
Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter
di kanan titik sisip.
· Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing
(Ctrl+Y).
·
Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu
Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
· Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda
paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
H.
Meng-Copy / Menyalin Teks
Untuk menyalin
teks yang Anda pilih ke lokasi lain,
ikuti langkah berikut
ini :
1.
Pilih teks yang akan Anda salin.
2.
Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3.
Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
4.
Kemudian pilih
dan klik menu Edit,
Paste (Ctrl+V).
I.
Men-Delete / Menghapus Teks.
Untuk menghapus
teks yang telah
Anda pilih, ikuti langkah berikut
ini.
1.
Pilih teks yang akan anda hapus.
2.
Kemudian pilih
dan klik menu Edit, Clear atau tekan
tombol Delete.
J.
Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks.
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1.
Pilih teks yang akan Anda pindahkan
2.
Kemudian pilih
dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
3.
Tempatkan titik
sisip pada lokasi baru.
4.
Kemudian pilih
dan klik menu Edit,
Paste (Ctrl+V).
K.
Format Teks
· Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur
formatnya sesuai yang anda inginkan.
· Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur
formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda
ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih
sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke
bagian lain pada dokumen.
L.
Mengubah Jenis dan Bentuk
Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font)
mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah
Font dari teks yang sebelumnya adalah :
· Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
· Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar
pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar
Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
M.
Mengubah Ukuran Huruf (Font
Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada
dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan
default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah
ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah
berikut ini :
§ Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
§ Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar
pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol
Ctrl+Shift+P.
N.
Mengatur Format
Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang
diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan,
bagian suatu daftar, baris kosong
di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran.
Anda dapat mengatur format paragraf dengan menggunakan salah satu cara berikut
ini :
§ Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya
sesuai dengan keinginan anda.
§ Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan
paragraf atau formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan
cara ini, semua paragraf yang anda ketik mulai
dari posisi titik
sisip akan mengikuti format yang anda pilih sampai
anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi titik sisip ke bagian
lain pada dokumen.
O.
Mencetak Dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen
anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk
mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P).
Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan
pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
• Klik tombol pilihan
All, jika Anda bermaksud mencetak
seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan
Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati
kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda
inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6. Tentukan halaman
yang akan dicetak
pada tombol pilihan
Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman
ganjil maupun halaman genap.
• Odd pages,
jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
•
Even pages,
7.
Klik OK.
P.
Mengakhiri Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan pengetikan,
pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri
operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya
dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang
telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft
Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih
di antara cara-cara
berikut ini :
1. Pilih dan klik
tombol pada menu File, Exit .
2. Klik tombol bertanda
silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3. Tekan Alt +F4
Q. Bagian-bagian yang ada pada Microsoft
word beserta fungsinya
Berikut ini sebuah gambar tampilan pada Microsoft word 2003 dan beberapa
fungsi yang ada di dalamnya:
Di dalam Microsoft word terdiri dari yang
namanya Tollbar.Toolbaradalah
kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dalam
program pengolah kata Microsoft word.Toolbar itu sendiri terdiri atas 3 bagian,
yaitu:
2.5 ToolBar Menu
Yang termasuk
ke dalam toolbar
menu adalah:
1. Menu File
Menu file berfungsi untuk
mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb. Berikut ini gambar dan
fungsi bagian yang ada di menu
file.
a. New : Membuat file yang baru
b.
Open : Membuka File yang pernah
kita buat (Ctrl+O)
c. Close : Menutup file yang sedang
kita buka
d.
Save : Menyimpan dokumen
yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama (Ctrl+S)
e.
Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
f.
Save as Web Page : Menyimpan
dokumen sebagai halaman
web
g. Web page Preview : Preview halaman
web
h.
Page Setup : Mengatur halaman,
ukuran kertas, ukuran
margin, dll
i.
Print Preview
: Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
j.
Print : Mencetak dokumen
yang telah kita buat pada kertas (Ctrl+P)
k.
Sent To : Mengirimkan dokumen
l.
Exit : Keluar dari Program Word
2.
Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu edit.
a.
Undo Typing :
Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
b.
Repeat Typing :
Membatalkan perintah yang telah terlanjur
dibatalkan
c. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
d.
Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam
lembar kerja kita
e. Clear : Membersihkan
f.
Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard
dengan cara meletakkan kursor pada
posisi y yang tepat
g.
Paste Special
: Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan
dilembar kerja
h.
Select All :
Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
i.
Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
j.
Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah
dengan kata yang baru secara keseluruhan
k.
Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu
dengan cepat
3.
Menu View
Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu view.
a.
Normal : Menampilkan
format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam
melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
b.
Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang
sesungguhnya
c. Reading Layout
: Membaca dokumen
halaman per halaman
d.
Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
e. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja
kita
f.
Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek
g.
Headaer and Footer
: Membuat judul berulang
diatas (header) dan dibawah (footer)
h.
Full Sscreen :
Menampilkan lembar dokumen
secara layar penuh
i.
Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
4.
Menu Insert
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu insert.
1.
Break : Berganti Halaman
2.
Page Number : Penomoran halaman
3.
Date and Time : Menyisip
waktu dan hari serta
formatnya
4.
Symbol : Menyisip suatu simbol
5.
Footnote : Membuat catatan kaki
6.
Picture : Menyisip gambar
7.
Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
8.
Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
9.
File : Menyisipkan suatu file pada lembar
kerja kita
10. Object : Menyisip
suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja.
5. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format
huruf, paragraf dll. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu format.
a.
Font : Mengatur huruf-
huruf dalam pembuatan dokumen
b.
Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line
Spacing )
c.
Bullet and Numbering : Fasilitas
untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
d. Border and
shading : Memberi
border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
e. Columns : Membagi lembar
kerja menjadi beberapa
kolom
f.
Tabs : Untuk mengatur
ukuran tab
g. Drop Caps : Memperbesar
huruf pertama tiap paragraf
h.
Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
i.
Change Case : Merubah
bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
j.
Back Ground
: Mengatur warna latar belakang lembar
kerja
k.
Theme : Menerapkan tema yang
diinginkan
l.
Styles and Formatting : Memformat jenis
huruf
6.
Menu Tools
Menu Tools mempunyai fungsi
untuk mengatur program
kerja. Berikut ini gambar dan
fungsi bagian yang ada di menu tools.
a.
Speling and Grammar
:Mengoreksi naskah
dalam bahasa inggris
b.
Research :Mencari dokumen
tertentu
c. Letter and Mailing :Membuat surat
dan email
d.
Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
e.
Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon yang aktif yang akan digunakan dalam menu
f. Options :Melakukan pemilihan
dan pengaturan metode maupun
pengaturan umum
7.
Menu Table
Menu Table berfungsi untuk membuat
table dan mengatur
tabel tersebut.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu table.
a. Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars
table and border
b.
Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
c. Delete : Menghapus tabel,
baris dll
d.
Select : Memilih suatu
tabel, baris, kolom
dll
e. Merge Cells : Menggabung beberapa
cell tabel dalam satu cell
f.
Split Cells :
Memisahkan kembali
Cell yang telah digabung
g. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
h.
Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus
memformatnya
i.
Auto Fit : Membuat
tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
j. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
k.
Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
l.
Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
m.
Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
n.
Hide Gridlines : Menampilkan garis
pada suatu tabel
8.
Menu Windows
Menu
Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu windows.
a.
New Window
: Membuat lembar kerja window
baru
b.
Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
c. Split : Membagi lembar
kerja dalam beberapa
bagian
9.
Menu Help
Menu Help berfungsi untuk memberi bantuan
kepada kita yang belum
tahu Microsoft Word. Salah satu bagian yang ada menu help yaitu:
Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas
help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan
masalah.
10.
Toolbar Standart
Tollbar
standart ini
terletak di bawah toolbar menu dan
pada toolbar standart ini berbentuk gambar.Bagian-bagian dari toolbar standart
antara lain:
a. New Blank Document : Membuat file yang baru
b. Open : Membuka file yang telah disimpan
c.
Save : Menyimpan dokumen
d.
Permission : Menentukan izin akses dokumen
e. E-Mail : Membuat dokumen menjadi
surat email
f.
Print : Mencetak dokument
yang sudah diketik
g. Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
h.
Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah
dalam bahasa inggris
i.
Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
j.
Cut : Menghapus suatu
objek dari lembar kerja kita
k.
Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
l.
Paste : Mengambil objek yang sudah
ada dalam clipboard
m.
Undo Typing
: Membatalkan perintah
yang sudah dilakukan
n.
Can’t Redo : Membatalkan Perintah
yang sudah dibatalkan
o.
Format Painter
: Memformat naskah dengan fasilitas
Painter
p.
Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
q.
Insert Table : Menyisip tabel
r.
Insert Ms Excel : Menampilkan lembar
kerja Microsoft Excel
s.
Columns : Membagi lembar
kerja menjadi beberapa
kolom
t.
Drawing : Menampilkan menu Drawing
u.
Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi
v. Zoom : Memperbesar/memperkecil
Lembar Kerja
w. Microsoft office
Word help : Menampilkan Bantuan
x. Read : Membaca dokument
halaman per halaman
11.
ToolBar Formatting
Toolbar Formatting ini terletak di
bawah toolbar standart.Bagian- bagian di dalam toolbar ini antara lain:
a. Styles and Formating : Memformat huruf
b.
Style : Jenis jenis huruf
c. Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
d.
Font Size : Ukuran huruf
e. Bold : Menebalkan huruf teks
f.
Italic : Membuat Teks menjadi miring
g. Underline : Menggaris bawahi
Teks
h.
Align Left : Perataan Kiri
i.
Center : Perataan tengah
j.
Align Right
: Perataan kanan
k.
Justify : Perataan kiri-kanan
l.
Line Spacing
: Mengatur spasi dalam
pengetikan
m.
Numbering : Memberi nomor
secara berurutan setiap
baris
n.
Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraf
o. Decrease Indent
: Menggeser Indentasi ke kiri
p.
Increaase Indent
: Menggeser indentasi
ke kanan
q.
Outside Border
: Membuat border
pada teks
r.
Highlight : Memberi warna arsiran pada teks
s.
Font Colour
: Mengatur Warna
teks
Untuk menggunakan dan mengaktifkan word dapat dilakukan
dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik menu start pada taskbar
2.
Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office
Word
Mengenal Elemen Jendela Word :
12.
Menu Bar
Menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog,
yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar terdiri atas :
a.
Home
Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat
pertama kali anda membuka word . Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan
paragraph, styledan editing serta clipboard
b.
Insert
Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations,
Links, Header & Footer, Text, Symbol
c.
Page Layout
Menu page layout terdiri dari : Themes,
Page Setup, Page Background,
Paragraph dan
Arrange
d.
References
References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes,
Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities
e.
Mailings
Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write
& insert Fields, preview results, finish.1.6 ReviewReview terdiri dari :
proofing Comments, Tracking, changes, Compare dan Protect.
Dan ini adalah shortcut
yang dipakai dalam Microsoft Word buat rekan – rekan..
Ctrl + a –> Select all Ctrl + b –> Bold Ctrl + c –> Copy Ctrl + d –> Edit font
Ctrl + e –> Rata tengah
Ctrl + f –> Find
Ctrl + g –> Go to Ctrl + h –> Replace
Ctrl + i –> Italic
Ctrl + j –> Rata kiri kanan Ctrl + k –> Insert hyperlink Ctrl + l –> Rata kiri
Ctrl + m –> Mengatur
indent kiri Ctrl + n –> Membuat dokumen
baru
Ctrl + o –> Membuka dokumen
yang telah ada Ctrl + p –> Print
Ctrl + q –> Membersihkan format paragraf Ctrl
+ r –> Right
Ctrl + s –> Save
Ctrl + t –> Mengatur hanging
indent kiri Ctrl + u –> Underline
Ctrl + v –> Paste
Ctrl + w –> Close window Ctrl + x –> Cut
Ctrl + y –> Redo
Ctrl + z –> Undo
Ctrl + ] –> Perbesar
font size Ctrl + [ –> Perkecil font size Ctrl + = –> Subscript
Ctrl + Shift + = –> Superscript Ctrl +
scroll ke atas –> Zoom
In Ctrl + scroll ke bawah
–> Zoom Out
Pengenalan MicrosoftMicrosoft Word
Microsoft Word (selanjutnya dalam
tutorial ini disingkat MS Word atau Word) merupakan program untuk mengolah kata
(teks). Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya skripsi,
novel, laporan penelitian, laporan,dan sebagainya. Selain menulis teks, MS Word
juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, teks artistik, formula,
menyisipkan gambar, shape, bagan organisasi dan lainnya.
Secara default, tampilan area kerja
program MS Word terdiri atas Title Bar, Menu Bar, Tool Bar, Ruler, dan Task
Pane, Ruler, scroolbar, status bar. Tampilan lembar kerja dapat dilihat seperti
gambar berikut:
a. Title Bar : berisi
judul dokumen dan tombol, minimize,maximize,Exit
b.
Menu Bar : berisi menu-menu shorcut perintah dalam
word
c. Toolbar : berisi tombol-tombol shorcut perintah dalam
word
d.
Tombol close dokumen
e. Task Pane : Panel
task (kumpulan task dalam
word)
f.
Vertical scroolbar
: menggeser tampilan
dokumen secara vertikal
g. Horizontal scroolbar
: menggeser tampilan
dokumen secara horizontal
h.
Halaman tempat
membuat teks atau dokumen
i.
Horisontal Ruler : melihat
atau mengatur batas teks
j.
Ruler indent : mengatur tabulasi
k.
Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan di kursor
l.
Vertikal ruler :melihat atau mengatur batas teks
m.
Toolbar
drawing : kumpulan tombol shorcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
n.
Status bar
: untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris dan kolom yang
aktif
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari uraian
diatas maka penulis mengambil
kesimpulan :
1. Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi
pelajaar untuk menguasai ilmu xxviiiomputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan
PowerPoint).
2. Para guru minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer
terutama Ms. Word.
3. Ms. Word sebagai salah satu ilmu xxviiiomputer yang paling
banyak dioperasikan di seluruh dunia.
3.2 Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi
ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih
baik serta mampu bersaing secara
sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer yang harus di
lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara
lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka
penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting
bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya
makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms.
Word.
DAFTAR PUSTAKA
http ://tri-irawanto.blogspot.com / 2012/11/makalah-microsoft-office-word.html
http ://arfanpkc.blogspot.com / 2012/11/makalah-makalah-microsoft-office.html
http ://nurhidayatdayat34.blogspot.com / 2013/01/makalah-microsoft-
wordmicrosoft 4.html
http ://readdanerayhan.blogspot.com / 2011/01/21/makalah-microsoft-office-
word.html
http ://tyaeducationcomputer.blogspot.com / 2008/04/makalah-microsoft-office-
word.html
http
://docs.google.com / document/d/1qXurs4vr8ntgbcd9mP0czfyB5Rmikh6v82xn9fvz8ro/edit?pli=1.
Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar
Pendidikan Komputer. Jakarta:
Rajawali Pers Tirtarahardja, U. Dan La Sula. 2000.
Pengantar Pendidikan Jaringan Komputer. Jakarta
: PT. Rineka Cipta TIM Dosen
FIP. 1995. Pengantar dasar-dasar Kependidikan. Surabaya : Usaha nasioanal.
http://tyaeducationcomputer.blogspot.com/2008/04/
PC Media.
2004. Berbagai Jenis
Komputer. 12. 2004.
Hlm. 10.
No comments:
Post a Comment