Tanggal/Bulan/Tahun :
22 Maret 2021
PROPOSAL PEMBANGUNAN RUANG KELAS
MAS PP. TARBIYAH ISLAMIYAH HAJORAN
KECAMATAN : SUNGAI KANAN
KABUPATEN :
LABUHANBATU SELATAN S L SELATAN
PROVINSI : SUMATERA UTARA
PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH
HAJORAN
MADRASAH ALIYAH PP. TARBIYAH
ISLAMIYAH
Alamat
:JLN UTAMA DESA HAJORAN,
KECAMATAN SUNGAI KANAN
KABUPATEN
LABUHANBATU SELATAN,TELP :
081348550533 KODE POS 21465.
Nomor : Ma./ /PPTIH/2021. Hajoran,
22 Maret 2021
Lamp : 1 (Satu) bundle Proposal
Hal : Permohonan Dana Bantuan
Pembangunan Ruang Kelas
Kepada Yth,
Kepala
Badan Pelaksana BPKHI
(Badan Pelaksana Keuangan Haji)
Di -
Jakarta
Assalamua ‘alaikum War. Wab.
Dengan hormat,
Puji dan Syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT semoga masih memberikan Nikmat-Nya yang tiada terhingga
kepada Bapak yaitu Nikmat sehat wal-afiat dan tetap sukses dalam menjalankan aktivitas
rutinitas sehari-hari. Amin….
Bersama ini kami beritahukan
kepada Bapak, bahwa MAS PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kec. Sungai Kanan Kab.
Labuhanbatu Selatan saat ini tengah mengalami peningkatan jumlah siswa ( Tahun
Pelajaran Sebelumnya 330 Siswa dan pada Thun Pelajaran berjalan 370 Siswa), sehingga
mengalami kekurangan Ruang Kelas.
Untuk itu, kami mohon kepada
Bapak agar kiranya berkenan memberikan dana Bantuan Pembangunan Ruang Kelas
kepada MAS PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran demi terciptanya suasana
Belajar-Mengajar yang nyaman dengan kebutuhan dana sebesar Rp. 195.975.000,- (Seratus Sembilan Puluh Lima Juta
Sembilan Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah.
Sebagai bahan pertimbangan bagi
bapak, bersama ini turut kami lampirkan sebagai berikut:
1. Profil Madrasah;
2. Data pendukung lainya;
3. Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan Ruang Kelas
Belajar;
4. Rekening BRI
A/n: MA Tarbiyah Islamiyah
Nomor Rekening: 5363-01-002002-53-2
Demikian permohonan ini kami
sampaikan atas perhatian dan bantuan Bapak kami ucapkan banyak terimah kasih.
Wallohu muwafiq ilq aqwamit thoriq
Wassalamu ‘alaikum War. Wab.
Mengetahui, Mengetahui,
Ketua Yayasan Pendidikan Ketua Komite Kepala Madrasah
Pesantren Tarbiyah Islamiyah Madrasah
Hajoran
DRA. HJ.
RODHIYAH NST MUNIR
HASIBUAN H. ALI ASRON
DALIMUNTE, S.Ag, MA
1.
SUSUNAN PENGURUS
: Nama dan Jabatan
Pengurus Inti (4 Personel/Jabatan)
No |
Nama |
Jabatan |
Pekerjaan |
1 |
DRA. HJ.
RODHIYAH NST |
Ketua Yayasan |
Guru |
2 |
H. ALI ASRON DALIMUNTE, S.Ag, MA |
Sekretaris Yayasan |
Guru |
3 |
DRA HJ. HALWIYAH NST |
Bendahara Yayasan |
Guru |
4 |
M. SOFYAN RITONGA |
Pengawas |
Wiraswasta |
2. PROFIL LEMBAGA/ORGANISASI
PROFIL MAS PP. TARBIYAH ISLAMIYAH HAJORAN KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN
PROVINSI SUMATERA UTAR
NO |
URAIAN |
KETERANGAN |
A |
IDENTITAS MADRASAH : |
|
1 |
Nama Madrasah |
MAS PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran |
2 |
Alamat Madrasah |
Jl. Besar Desa Hajoran Kec. Sungai kanan Kab. Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara. |
3 |
Tahun berdiri dan Operasional Madrasah |
|
|
a. Tahun
berdiri |
1958 |
|
b. Nama Pendiri |
ALM. H. LUKMANUL HAKIM NASUTION |
|
c. Surat Izin
Operasional Pendirian |
Nomor 1555 Tahun 2019 |
|
d. Nomor Statistik Madrasah |
131212100027 |
|
e. Nama Akta
Pendirian |
Yayasan Pendidikan Pesantren Tarbiyah
Islamiyah Hajoran |
|
f. Nomor
Akta |
364 |
|
g. Tanggal Akta |
19 Januari 2015 |
|
h. Alamat |
Jl. Besar
Desa Hajoran Kec. Sungai kanan Kab.
Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara. |
|
i. Nomor SK Menkumham
RI |
AHU-0000882.AH.01.04.TAHUN 2015 |
|
j. Status
tanah |
Milik sendiri |
|
k. Luas tanah |
1 H |
|
l. Luas bangunan |
400 M2 |
B |
IDENTITAS KEPALA MADRASAH |
|
|
Nama lengkap |
H. ALI
ASRON DALIMUNTE, S.Ag, MA. |
|
Tempat tanggal lahir |
Purba Bangun, 13 Januari 1969 |
|
Alamat |
Desa Hajoran
Hajoran Kec. Sungai kanan Kab.
Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara. |
|
Warga Negara |
Indonesia |
|
Contact Person |
0813 4855 0533 |
C |
ADMINISTRASI TATA
USAHA |
Buku Tamu |
|
|
Papan Data Guru |
|
|
Buku Agenda
Keluar Masuk |
|
|
Jadwal Kegiatan Harian |
|
|
Daftar Buku Perpustakaan |
|
|
Buku Induk Siswa |
|
|
Buku Inventaris |
D |
EKSTRAKURIKULER |
Pidato 3 Bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris |
|
|
Nasyid |
|
|
Pramuka |
|
|
Les Komputer |
|
|
BTQ (Bimbingan Tilawatil Qur’an) |
E. DATA SISWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
NO |
Isi
Laporan |
Uraian |
|
|
|
Keterangan |
|||||
Keadaan
Kelas Siswa |
Jumlah
Ronbel |
LK |
Pr |
Jumlah |
|
||||||
1 |
Kelas
X |
3 |
45 |
91 |
136 |
||||||
Kelas
XI |
3 |
58 |
67 |
125 |
|||||||
Kelas
XII |
3 |
46 |
63 |
109 |
|||||||
Jumlah |
9 |
149 |
221 |
370 |
|||||||
2 |
Hasil
Ujian Nasional T.A 2019/2020 |
pserta |
|
|
Lulus |
Tidak lulus |
|||||
Lk |
Pr |
Jlh |
Lk |
Pr |
Jlh |
Lk |
Pr |
Jlh |
|||
50 |
63 |
113 |
50 |
63 |
113 |
- |
- |
- |
|||
F.
SARANA YANG DIMILIKI
NO |
Jenis
Ruang |
Jumlah |
Keadaan |
||
Baik |
Rusak
Ringan |
Rusak
Berat |
|||
1 |
Ruang
Teori Belajar |
9 |
9 |
- |
- |
2 |
Ruang
Laboratorium |
- |
- |
- |
- |
3 |
Ruang
Keterampilan |
|
|
|
|
4 |
Ruang
Kepala |
1 |
1 |
- |
- |
5 |
Ruang
Guru |
1 |
1 |
- |
|
6 |
Ruang
Tata Usaha |
1 |
1 |
|
|
7 |
Ruang
Perpustakaan |
1 |
1 |
|
|
8 |
Musholla |
1 |
1 |
|
|
9 |
Ruang
OSIS |
1 |
- |
1 |
|
10 |
Kamar
Mandi |
6 |
6 |
- |
|
11 |
Lapangan
Olah Raga |
150
M2 |
|||
12 |
Status
Kepemilikan Tanah |
Milik
Keluarga |
|||
13 |
Setatus
Kepemilikan Gedung |
Milik
Keluarga |
|||
14 |
Waktu
Penyelenggaraan |
Pagi
|
G.
DATA GURU
NO |
Status
Kepegawaian |
Kepala
Madrasah |
W
K M |
Guru |
T
U |
Jumlah |
1 |
Guru
Tetap Yayasa |
1 |
1 |
9 |
1 |
12 |
2 |
Guru
Swasta Honor |
- |
- |
7 |
- |
7 |
3 |
Pegawai
Swasta Honor |
- |
- |
- |
- |
- |
4 |
Guru
Negeri Honor |
- |
- |
- |
- |
- |
|
Jumlah |
1 |
1 |
16 |
1 |
19 |
Mengetahui, Mengetahui,
Ketua
Yayasan Ketua
Komite Madrasah Kepala
Madrasah
DRA.
HJ. RODHIYAH NST MUNIR HASIBUAN H. ALI ASRON DALIMUNTE, S.Ag, MA.
A. SEJARAH : Menceritakan sejarah
singkat pendirian dan perkembangannya saat ini
Pembaharuan sistem Pendidikan Nasional dilakukan untuk memperbaharui Visi, Misi, dan strstegi Pendidikan Nasional. Pendidikan Nasional mempunyai Visi terwujudnya sistem pendidikan yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Tuntutan tersebut menyangkut pembaharuan sistem pendidikan yang meliputi pembaharuan kurikulum, pendanaan, Manajemen, Fasilitas, Supervisi, dan evaluasi serta penyelenggaraan pendidikan dengan sistem terbuka dan multimakna. Pembaharuan sistem pendidikan juga meliputi penghapusan deskriminasi antara pendidikan yang dikelola oleh Pemerintah dan pendidikan yang dikelola oleh masyarakat.
Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang dikelola dan dibina oleh Kementerian Agama yang sederajat dengan lembaga pendidikan formal yang dikelola dan dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Madrasah pada dasawarsa terakhir ini mengalami perubahan dan perkembangan yang pesat. Keadaan ini menunjukkan adanya animo dan kepercayaan masyarakat Muslim pda khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya yang menaruh sejumlah harapan kepada lembaga pendidikan Madrasah untuk mengangkat kembali kualitas pendidikan di negara ini yang sedang mengalami depresi(kemerosotan pendidikan).
Madrasah sebagai bagian dari Pendidikan Nasional yang termaktub dalam Pasal 17 dan 18 UU Nomor 20 Tahun 2003 dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas dalam penyelenggaraan pendidikan, agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu bersaing dan berkompetisi dengan lembaga pendidikan lain serta mampu menghadapi tantangan perubahan zaman. Oleh karena itu, Madrasah dituntut untuk selalu berupaya melakukan inovasi penyelenggaraan Madrasah sebagai upaya pengendalian mutu, baik melalui sistem evaluasi sistem pembelajaran, penerapan kurikulum, sarana tenaga pendidik atau Sumber Daya Manusia (Kepala Madrasah, Guru, dan Peserta Didik), maupun melalui pengaturan sistem Belajar-Mengajar, Sistem Manajemen, Sistem Perundang-undangan, dan kebijakan pemerintah serta memberdayakan dan pemberdayaan ketertiban dan peran serta masyarakat adalah sebagai suatu keharusan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Madrasah agar penyelenggaraan pendidikan dapat mencapai standar kualitas yang ditetapkan dan pada gilirannya peserta didik dapat mencapai keberhasilan kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Berdasarkan hal tersebut di atas, jika kita mengharapkan Madrasah lebih bermutu, tampil lebih kompetensi dan produktif di tengah percaturan Era Tekhnologi dan Globalisasi yang bergerak selalu mendahului rencana yang kita rancang, maka solusi yang paling tepat adalah menerapkan prinsip perbaikan yang kecil yang sepintas lalu tampak tak berarti tetapi jika dilakukan secara berkesinambungan akan memberikan efek yang dahsyat.
MAS PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran merupakan Lembaga Pendidikan formal milik masyarakat yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam rangka mewujudkan pemerataan pendidikan bagi warga negara Indonesia, khususnya masyarakat sekitar lingkungan operasionalnya guna mencapai tujuan Pendidikan Nasional. Sampai pada saat ini animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di MAS PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran cukup tinggi terbukti dari peningkatan jumlah siswa setiap tahunnya sehingga kekurangan Ruang Kelas dan saat ini akibat kekurangan ruang kelas terpaksa 1 (satu) ruang kelas disekat dan dijadikan 2 (dua) ruang kelas.
B. VISI DAN MISI MAS PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran
1. VISI
“Terwujudnya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT yang memiliki kualitas terampil, berakhlakul Karimah, berkepribadian, dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat sesuai dengan perkembangan zaman”
Visi tersebut mencerminkan Profil dan cita-cita Madrasah yang:
a. Berorientasi kedepan
dengan memperhatikan potensi
terkini/perkembangan zaman;
b.
Sesuai dengan norma
dan harapan masyarakat;
c.
Ingin selalu memiliki
kelebihan dan keunggulan di tengah masyarakat;
d.
Mendorong semangat dan komitmen seluruh
warga Madrasah;
e.
Mendorong adanya perubahan
yang lebih baik;
f.
Mengarahkan langkah-langkah strategis (MISI) Madrasah.
Untuk mencapai Visi tersebut perlu dilakukan suatu Misi berupa kegiatan Jangka Panjang dengan arah yang jelas. Misi adalah keberhasilan dalam pencapaian Visi. Berikut ini merupakan Misi yang dirumuskan berdasarkan Visi di atas:
2. MISI
a. Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Tata Usaha;
b. Memotivasi dan membantu peserta didik dalam mengenali potensi dirinya
sehingga dapat dikembangkan secara optimal;
c.
Melengkapi Sarana dan Prasarana belajar;
d. Meningkatkan kerja sama dengan Stoke Holder Madrasah melalui Komite Madrasah.
Disetiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai dengan bidang kerja masing-masing, saling menghormati, saling mempercayai, dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerja sama, dan silaturrahmi.
Penjabaran Misi di atas meliputi:
1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara
efektif sehingga setiap
siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang
dimilikinya;
2. Menumbuhkan semangat
keunggulan secara intensif
kepada seluruh warga Madrasah;
3. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi
dirinya sehingga dapat
dikembangkan secara optimal;
4.
Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan
Ilmu Pengetahuan Tekhnologi dan Seni;
Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang di anut dan budaya bangsa, sehingga terbangun siswa yang berkompetensi, berakhlak mulia, dan bertaqwa kepada Allah SWT.
C. TUJUAN DAN SASARAN
1. Tujuan
a. Meningkatkan kenyamanan dan ketenangan dalam proses pendidikan
b. Memenuhi sarana dan
prasarana (ruang kelas baru) dalam rangka memberikan kesempatan yang luas bagi para siswa dan tenaga pendidik untuk
melaksanakan proses belajar
mengajar secara tenang
dan nyaman.
c. Memberikan kesempatan yang lebih luas kepada lulusan
MTs/SMP yang ingin melanjutkan pendidikan ke Lembaga ini.
2. Sasaran
a. Pengelola Madrasah
(Pimpinan, Kepala Madrasah
dan Tenaga Administrasi
b. Tenaga Pendidik
c. Siswa
d. Masyarakat sekitar
PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH
HAJORAN
MADRASAH ALIYAH PP. TARBIYAH
ISLAMIYAH
Alamat
:JLN UTAMA DESA HAJORAN,
KECAMATAN SUNGAI KANAN
KABUPATEN
LABUHANBATU SELATAN,TELP :
081348550533 KODE POS 21465.
STRUKTUR MADRASAH
ALIYAH PP. TARBIYAH ISLAMIYAH HAJORAN
Ketua Yayasan DRA. HJ. RODHIYAH NST Kepala Madrasah H. ALI ASRON DALIMUNTE, S.Ag, MA Ketua Komite
Madrasah MUNIR HASIBUAN
Bendahara Madrasah DRA. HJ. HALWIYAH NST WKM SARPRAS DRS. MANSUR WKM KESISWAAN MUNAWIR KHOJALI RAMBE, S.Pdi WKM KURIKULUM ZUL EFENDI HASIBUAN, S.Pd
Mengetahui, Mengetahui,
Ketua
Yayasan Ketua
Komite Madrasah Kepala
Madrasah
DRA.
HJ. RODHIYAH NST MUNIR HASIBUAN H. ALI ASRON DALIMUNTE, S.Ag, MA
PORTO FOLIO PROGRAM DAN KEGIATAN
Menyajikan program dan kegiatan yang menjadi unggulan Organisasi yang telah terlaksana dalam 4 tahun terakhir,
1. Program dan Kegiatan
No |
Nama Program dan Kegiatan |
Keterangan |
1 |
BTQ (Bimbingan Tilawatil Qur’an) |
Membuka pelayanan Bimbingan Tilawatil Quran
terhadap kaum santri
maupun masyarakat setempat. |
2 |
Pembinaan Pidato 3 Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) |
Mengembangkan minat
dan kompetensi pelajar dan masyarakat yang siap berdaya saing dalam. |
3 |
Pembinaan Nasyid |
Kegiatan ini menjadi salah
satu kegiatan yang paling sering
diminta oleh masyarakat sekitar untuk menampilkan performa santri dalam
berbagai macam event seperti dalam
pernikahan, |
|
|
dll |
4 |
Pembinaan Pramuka |
Melatih kepekaan, mencintai lingkungan, alam dan kepedulian sosial. |
5 |
Pembinaan Keagamaan (Hafidz
Juz 30, Praktek Fardhu Kifayah) |
Tahfiz Quran menjadi
kegiatan ektrakurikuler yang rutin bagi santri/ati sebagai
wujud pengembangan dan kewajiban dalam
mengamalkan nilai keIslaman serta menjadi dasar
untuk mengajarkan pelajaran Al Quran ditengah masyarakat. |
6 |
Pembinaan Olahraga |
Memberikan pelatihan secara
fisik baik karate,
silat dan bola kaki demi untuk stamina
dan memelihara kesehatan tubuh. |
|
|
|
2. Tujuan Program
Tujuan yang akan dicapai oleh program
No |
Nama Program |
Tujuan |
1 |
BTQ (Bimbingan Tilawatil Qur’an) |
Menjadikan siswa
dan masyarakat lebih
aktif membaca Al-Qur’an, memahami hukum tajuid
dalam membaca
Al Quran. |
2 |
Pembinaan Pidato 3 Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) |
Menjadikan siswa
dan masyarakat sekitar terbiasa dengan bahasa
nasional dan internasional sebagai langkah untuk
memperoleh informasi global. |
3 |
Pembinaan Nasyid |
Menambah kemampuan siswa dalam bidang
qosidah serta memberikan manfaat yang seluas-luasnya dalam syiar Islam melalui
nada atau lagu
religi di tengah masyarakat. |
4 |
Pembinaan Pramuka |
Melatih disiplin, percaya
diri dan peduli
sesama serta mampu
beriteraksi yang baik terhadap msyarakat. |
5 |
Pembinaan Keagamaan (Hafidz Juz 30, Praktek Fardhu Kifayah) |
Mencetak Hafidz dan Hafidzoh yang unggul dan memahami nilai-nilai kandungan Al Quran. |
6 |
Pembinaan Olahraga |
Membina skiil
Santri dalam olahraga,membiasakan sportifitas, melatih kebugaran dan kesehatan fisik jasmani dan rohani. |
3. Lokasi Kegiatan
Nama daerah atau komunitas atau kelompok yang menjadi tempat pelaksanaan program dan deskripsi lokasi.
No |
Nama Program |
Lokasi Kegiatan |
1 |
BTQ (Bimbingan Tilawatil Qur’an) |
Yayasan Pendidikan
Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran |
2 |
Pembinaan Pidato 3 Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) |
Yayasan Pendidikan
Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran |
3 |
Pembinaan Nasyid |
Yayasan Pendidikan Pesantren Tarbiyah Islamiyah
Hajoran |
4 |
Pembinaan Pramuka |
Yayasan Pendidikan
Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran |
5 |
Pembinaan Keagamaan (Hafidz
Juz 30, Praktek Fardhu Kifayah) |
Yayasan Pendidikan
Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran |
6 |
Pembinaan Olah raga |
Yayasan Pendidikan
Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran |
4. Output Kegiatan Yang Dihasilkan
Nilai Output yang dicapai berdasarkan tujuan program
No |
Nama Program |
Tujuan |
1 |
BTQ (Bimbingan Tilawatil Qur’an) |
Siswa dan masyarakat semakin mencintai Al Quran, mampu mengajarkan Al Quran dengan
baik terhadap keluarga dan masyarakat serta mencetak qori/qoriah berprestasi. |
2 |
Pembinaan Pidato 3 Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) |
Siswa / peserta
didik dan masyarakat semakin dapat mengikuti perkembangan- perkembangan ilmu pengetahuan secara global. |
3 |
Pembinaan
Nasyid |
Menciptakan skill dan kemampuan dalam pengembangan seni budaya Islam
serta memberikan manfaat buat orang lain. |
4 |
Pembinaan Pramuka |
Melatih disiplin, percaya
diri dan peduli
sesama serta mampu
beriteraksi yang baik
terhadap msyarakat. |
5 |
Pembinaan Keagamaan (Hafidz Juz 30, Praktek Fardhu Kifayah) |
Menjadi lebih unggul
dalam memahami dan membaca Al Quran dengan
metode tajwid dan fasahah yang jelas. |
6 |
Pembinaan Olahraga |
Membina skiil Santri dalam
olahraga,membiasakan sportifitas, melatih kebugaran dan kesehatan fisik
jasmani dan rohani. |
5. Outcome Yang Dihasilkan
Penjelasan mengenai dampak yang diharapkan dan dampak tambahan yang terjadi.
No |
Nama Program |
Dampak |
1 |
BTQ (Bimbingan Tilawatil Qur’an) |
Meningkatnya kemampuan siswa
dan masyarakat yang belajar disekitar dalam memahami lagu,
tingkatan dan variasi
yang relevan |
2 |
Pembinaan Pidato 3 Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) |
Pelajar akan semakin lebih
menguasai informasi-informasi yang actual dan update dari berbagai negara,
serta memberikan dorongan terhadap siswa/I dalam
mencari peluang / kesempatan dalam belajar di luar negeri. |
3 |
Pembinaan Nasyid |
Sarana dakwah yang disajikan dalam
lagu dan irama
semakin lebih diminati dan semakin hidup
ditengah budaya pop
dan lagu asing
lainnya. |
4 |
Pembinaan Pramuka |
Meningkatnya rasa percaya diri Santri, disiplin dan
saling bekerja sama serta sosialisasi yang tinggi dengan
masyarakat. |
5 |
Pembinaan
Keagamaan (Hafidz Juz 30,
Praktek Fardhu Kifayah) |
Meningkatnya kesadaran dalam Penghafal Al-Qur’an tahun ke tahun |
6 |
Pembinaan Olahraga |
|
USULAN KEGIATAN
KEMASLAHATAN
1. Klasifikasi Kegiatan Yang Diajukan
No |
Klasifikasi |
Ceklis |
1 |
Kegiatan Pendidikan Keagamaan |
|
2 |
Pelayanan ibadah Haji |
|
3 |
Pembangunan Sarana/Prasarana |
√ |
4 |
Kesehatan |
|
5 |
Ekonomi Umat |
|
6 |
Sosial Keagamaan |
|
2.
Deskripsi Kegiatan
Nama Kegiatan, latar belakang usulan, spesifikasi kegiatan, tujuan, nilai dana bantuan yang diusulkan, dan penggunaan dana.
No |
Deskripsi Kegiatan |
Keterangan |
1 |
Nama Kegiatan |
Pembangunan Ruang
Kelas |
2 |
Latar belakang usulan |
Banyaknya
jumlah siswa sehingga terjadi ketidak tenangan dan ketidak nyamanan dalam pelaksanaan proses pembelajaran |
3 |
Spesifikasi kegiatan |
Pembangunan Ruang Kelas |
4 |
Tujuan |
Agar para
siswa merasa tenang dan nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran |
5 |
Nilai dana bantuan
yang diusulkan |
Rp. 195.975.000,- (Seratus Sembilan Puluh Lima
Juta Sembilan Ratus Tujuh
Puluh Lima Ribu rupiah) |
6 |
Prioritas Penggunaan dana |
Mengembangkan bantuan
kemaslahatan dari BPKH untuk
menambah ruang kelas bagi pelajar dan sekolah MAS PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran. |
7 |
Tenaga Ahli yang
dimiliki/ terlibat dalam
kegiatan ini |
ANTO, ST |
3. Lokasi Kegiatan
Provinsi, Kabupaten/Kota, Gambaran Lokasi Daerah atau komunitas atau kelompok yang menjadi tempat pelaksanaan Program Kegiatan Kemaslahatan.
No |
Lokasi Kegiatan |
Keterangan |
1 |
Provinsi |
Sumatera Utara |
2 |
Kabupaten/Kota |
Labuhanbatu Selatan |
3 |
Gambaran lokasi daerah |
Jl. Besar desa Hajoran Kec. Sungai Kanan. |
4 |
Komunitas atau kelompok yang
menjadi tempat pelaksanaan
Program Kegiatan Kemaslahatan |
Para Santri /pelajar dan masyarkat Yayasan Pendidikan Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran. |
4. Sasaran dan Output Yang Dihasilkan
Sasaran yang spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, realistis dan memiliki jangka waktu untuk menuju sasaran.
No |
Nama Kegiatan |
Sasaran |
Output |
1 |
Pembangunan Ruang
Kelas (RKB) |
Peserta didik / guru, Yayasan Pendidikan Pesantren Tarbiyah Islamiyah Hajoran. |
Agar peserta didik merasakan kenyamanan dalam
proses belajar. Menambah sarana dalam
menimba ilmu bagi peserta |
|
|
|
didik di lingkungan MAS PP. Tarbiyah Islamiyah
Hajoran Terbantunya beban
siswa/I, orang tua dan yayasan
MAS pp. Tarbiyah Islamiyah Hajoran dalam memikirkan kekurangan kelas di lingkungan sekolah. |
5. Periode Pelaksanaan
Penyajian waktu pelaksanaan kegiatan mingguan pelaksanaan
No |
Nama Kegiatan |
Minggu |
|||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
||
1 |
Bagian Pondasi dan Slop |
0,235 |
|
|
|
|
0,235 13,456 |
|
|
|
|
|
0,235 |
2 |
Bagian Dinding |
|
7,000 |
6,000 4,968 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Bagian Atap |
|
|
|
5,000 |
4,979 |
5,962 |
2,076 |
|
|
|
|
|
4 |
Bagian Lantai |
|
|
|
6,692 |
9,000 |
0,777 |
|
|
|
|
|
|
5 |
Bagian Pengecatan |
|
|
|
|
|
|
9,000 |
6,772 4,000 |
9,826 |
|
|
|
RENCANA KERJA DAN ANGGARAN
(RKA)
Provinsi : Sumatera Utara
Kabupaten
: Labuhanbatu Selatan
Program : …………………………….
Kegiatan : …………………………….
Pekerjaan : Permohonan Bantuan Pembangunan
Sarana & Prasarana (Ruang Kelas Belajar Baru) MAS PP. Tarbiyah Islamiyah HajoraIslamiyah Hajoran
Lokasi : Kecamatan Sungai Kanan
Tahun
anggaran : 2021
NO. |
URAIAN PEKERJAAN |
ANALISA |
VOLUME |
HARGA SATUAN (Rp) |
JUMLAH HARGA (Rp) |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
I |
PEKERJAAN RUANG KELAS BARU |
|
|
|
|
A |
PEKERJAAN PENDAHULUAN |
|
|
|
|
1 |
Pemasangan
Papan Merk Kegiatan |
……. |
1.00 bh |
300,000.00 |
300,000.00 |
2 |
Pembersihan
Lokasi Kerja |
……. |
1.00 ls |
300,000.00 |
300,000.00 |
3 |
Pengukuran/
Bowplank |
……. |
1.00 ls |
277,750.00 |
277,750.00 |
4 |
Photo
Dokumentasi |
……. |
1.00 ls |
200,000.00 |
200,000.00 |
|
|
JUMLAH –A- |
1,O77,750.00 |
||
B |
PEKERJAAN TANAH |
|
|
|
|
1 |
Pek.
Galian Tanah Pondasi |
AHSP
A.2.3.1.1 |
9.14 m3 |
59,504.00 |
543,807.00 |
2 |
Pekerjaan
Timbunan Kmbali |
AHSP
A.2.3.1.9 |
3.02 m3 |
19,829.00 |
59,884.00 |
3 |
Pek.
Urugan Pasir Bawah Pondasi |
AHSP
A.2.3.1.14 |
0.80 m3 |
138,017.00 |
110,414.00 |
|
|
JUMLAH –B- |
714,105.00 |
||
C |
PEKERJAAN PONDASI |
|
|
|
|
1 |
Pekerjaan
Pasangan Pondasi Batu Kali |
AHSP
A.3.2.1.2 |
6.00 m3 |
768,378.00 |
4,610,268.00 |
2 |
Pekerjaan
Pas. Pondasi Rollag |
AHSP
A.4.4.1.3 |
4.52 m2 |
257,123.00 |
1,162,195.96 |
|
|
JUMLAH –C- |
5,772,463.96 |
||
D |
PEKERJAAN BETON |
|
|
|
|
1 |
Pekerjaan
Sloof |
|
|
|
|
|
-
Pekerjaan Cor Beton Sloof K-175 |
AHSP
A.4.1.1.5 |
0.96 m3 |
1,103,085.00 |
1,058,962.00 |
|
-
Pekerjaan Bekisting |
AHSP
A.4.1.1.21 |
12.80 m2 |
253,631.00 |
3,246,477.00 |
|
-
Pekerjaan Penulangan |
AHSP
A.4.1.1.17 |
62.08 kg |
14,897.00 |
924,768.00 |
2 |
Pekerjaan
Kolom K1 |
|
|
|
|
|
-
Pekerjaan Cor Beton K-175 |
AHSP
A.1.1.5 |
1.15 m3 |
1,103,085.00 |
1,270,754.00 |
|
-
Pekerjaan Bekisting |
AHSP
A.4.1.1.22 |
23.04 m2 |
407,236.00 |
9,382,717.00 |
|
-
Pekerjaan Penulangan |
AHSP
A.4.1.1.17 |
57.76 kg |
14,897.00 |
860,504.00 |
3 |
Pekerjaan
Ring Balok |
|
|
|
|
|
-
Pekerjaan Cor Beton Balok |
AHSP
A.1.1.5 |
0.96 m3 |
1,103,085.00 |
1,058,962.00 |
|
-
Pekerjaan Bekisting |
AHSP
A.4.1.1.23 |
17.60 m2 |
210,088.00 |
3,697,549.00 |
|
-
Pekerjaan Penulangan |
AHSP
A.4.1.1.17 |
62.08 kg |
14,897.00 |
924,768.00 |
|
|
JUMLAH –D- |
22,425,461.00 |
||
E |
PEKERJAAN PASANGAN BATA
& PLESTERAN |
|
|
|
|
1 |
Pekerjaan
Pasang Batu Bata 1:4 |
AHSP
A.4.4.1.9 |
110.93 m2 |
118,074.00 |
13,097,358.00 |
2 |
Pekerjaan
Plasteran 1:4 |
AHSP
A.4.4.2.4 |
225.54 m2 |
61,166.00 |
13,795,380.00 |
3 |
Pekerjaan
Acian |
AHSP
A.4.4.2.27 |
225.54 m2 |
37,190.00 |
8,387,833.00 |
|
|
JUMLAH –E- |
35,280,571.00 |
||
F |
PEKERJAAN LANTAI |
|
|
|
|
1 |
Pekerjaan
Timbunan Tanah |
AHSP
A.2.3.1.14 |
17.90 m3 |
138,017.00 |
2,470,642.00 |
2 |
Pekerjaan
Urugan Pasir |
AHSP
A.2.3.1.11 |
3.04 m3 |
167,742.00 |
510,271.00 |
3 |
Pekerjaan
Pasang Lantai Keramik Uk. 40x40cm |
AHSP
A.4.4.3.34.1 |
73.71 m2 |
235,602.00 |
17,366,223.00 |
|
|
JUMLAH –F- |
20,347,136.00 |
NO. |
URAIAN PEKERJAAN |
ANALISA |
VOLUME |
HARGA SATUAN (Rp) |
JUMLAH HARGA (Rp) |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
||
G |
PEKERJAAN ATAP &
PLAFOND |
||||||
1 |
Pekerjaan
Kuda-Kuda Atap |
AHSP
A.4.6.1.14 |
0.80 m3 |
9,028,208.00 |
7,228,886.00 |
||
2 |
Pekerjaan
Gording |
AHSP
A.4.6.1.15 |
0.41 m3 |
8,596,889.00 |
3,507,531.00 |
||
3 |
Pekerjaan
Pasang Atap Mengedeck MD.35 T.730 |
AHSP
A.4.5.2.40 |
121.40 m2 |
186,878.00 |
22,686,989.00 |
||
4 |
Pekerjaan
Pasang Rabung Mengedeck |
AHSP
A.4.5.2.41 |
10.00 m |
193,584.00 |
1,935,840.00 |
||
5 |
Pekerjaan
Markis Seng |
AHSP
A.4.5.2.41 |
24.28 m |
193,584.00 |
4,700,220.00 |
||
6 |
Pekerjaan
Pasang Lisplank |
AHSP
A.4.6.1.21 |
32.14 m |
86,044.00 |
2,765,454.00 |
||
7 |
Pek.
Pasang Rangka Plafond |
AHSP
A.4.6.1.20 |
106.71 m2 |
138,756.00 |
14,805,959.00 |
||
8 |
Pek.
Pasang plafond tripleks T=4mm |
AHSP
A.4.5.1.5 |
106.71 m2 |
52,342.00 |
5,585,153.00 |
||
9 |
Pek.
List Langit-Langit Kayu Profile |
AHSP
A.4.5.1.9 |
59.24 m |
21,277.00 |
1,260,449.00 |
||
10 |
Pek.
Pasang LAT Plafond |
Dihitung |
72.10 m |
3,701.50 |
266,878.00 |
||
|
|
JUMLAH –G- |
64,743,359.00 |
||||
H |
PEKERJAAN KUSEN,KACA DAN
PENGGANTUNG |
||||||
1 |
Pekerjaan
Kusen Pintu Tipe P1 |
AHSP
A.4.6.1.2 |
0.06 m3 |
8,575,105.00 |
513,220.00 |
||
2 |
Pekerjaan
Kusen Jendela Tipe J1 |
AHSP
A.4.6.1.2 |
0.39 m3 |
8,575,105.00 |
3,374,518.00 |
||
3 |
Pekerjaan
Kusen Jendela Tipe J2 |
AHSP
A.4.6.1.2 |
0.10 m3 |
8,575,105.00 |
870,159.00 |
||
4 |
Pek.
Pasang Bingkai Daun Jendela |
AHSP
A.4.6.1.6 |
7.84 m2 |
555,902.00 |
4,356,882.00 |
||
5 |
Pek.
Pasang Kaca Jendela Polos T=5mm |
AHSP
A.4.6.2.17 |
4.80 m2 |
234,138.00 |
1,123,862.00 |
||
6 |
Pek.
Daun Pintu P1 |
AHSP
A.4.6.1.5 |
1.80 m2 |
739,428.00 |
1,330,970.00 |
||
7 |
Pek.
Ventilasi |
AHSP
A.4.6.1.2 |
0.04 m3 |
8,575,105.00 |
306,131.00 |
||
8 |
Engsel
Uk. 4” |
AHSP
A.4.6.2.5 |
2.00 bh |
59,246.00 |
118,492.00 |
||
9 |
Engsel
Uk. 3” |
AHSP
A.4.6.2.6 |
30.00 bh |
50,844.00 |
1,525,320.00 |
||
10 |
Grendel
Jendela |
AHSP
A.4.6.2.11 |
15.00 bh |
50,608.00 |
759,120.00 |
||
11 |
Grendel
Pintu |
AHSP
A.4.6.2.11 |
2.00 bh |
50,608.00 |
101,216.00 |
||
12 |
Hak
Angin |
AHSP
A.4.6.2.7 |
30.00 bh |
56,428.00 |
1,692,840.00 |
||
13 |
Handel
Jendela |
Dihitung |
15.00 bh |
18,000.00 |
270,000.00 |
||
14 |
Kunci
Tanam Biasa |
AHSP
A.4.6.2.2 |
1.00 bh |
160,876.00 |
160,076.00 |
||
|
|
JUMLAH –H- |
16,503,606.00 |
||||
I |
PEKERJAAN KELISTRIKAN |
||||||
1 |
Instalasi
Listrik |
Dihitung |
6.00 ttk
|
115,00.00 |
690,000.00 |
||
2 |
Bola
Lampu SL 18W |
Dihitung |
3.00 bh |
28,623.00 |
85,869.00 |
||
3 |
Pitting
Duduk |
Dihitung |
3.00 bh |
7,896.00 |
23,688.00 |
||
4 |
Saklar
Ganda |
Dihitung |
1.00 bh |
14,805.00 |
14,805.00 |
||
5 |
Saklar
Tunggal |
Dihitung |
1.00 bh |
9,870.00 |
9,870.00 |
||
6 |
Stop
Kontak |
Dihitung |
1.00 bh |
14,805.00 |
14,805.00 |
||
|
|
JUMLAH –I- |
839,037.00 |
||||
J |
PEKERJAAN PENGECETAN |
||||||
1 |
Pek.
Cat Tembok |
AHSP
A.4.7.1.10 |
225.54 m2 |
26,135.00 |
5,894,488.00 |
||
2 |
Pek.
Cat Plafond |
AHSP
A.4.7.1.10 |
106.71 m2 |
26,135.00 |
2,788,735.00 |
||
3 |
Pek.
Cat Kusen Kayu |
AHSP
A.4.7.1.5 |
25.67 m2 |
69,077.00 |
1,772,937.00 |
||
4 |
|
JUMLAH –J- |
10,456,160.00 |
||||
|
|
|
|
||||
|
|
TOTAL |
176,159,648.96 |
||||
|
|
|
|
||||
A |
JUMLAH
HARGA PEKERJAAN |
|
178,159,648.96 |
||||
B |
PPN
(10% X A) |
|
17,815,965.00 |
||||
C |
TOTAL
HARGA PEKERJAAN (A+B) |
|
195,975,614.00 |
||||
D |
DIBULATKAN |
|
195,975,000.00 |
||||
Terbilang:
Seratus Sembilan Puluh Lima Juta Sembilan Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu
Rupiah,- |
|||||||
METODOLOGI INDIKATOR PENILAIAN OUTPUT
Indikator Kinerja
Kegiatan Yang Akan Dinilai
Menyajikan indikator kinerja usulan, Jenis kegiatan dan satuan bobot kinerjanya berdasarkan sasaran yang akan dicapai. Disajikan dalam bentuk tabel sebagai berikut :
No |
Indikator Kinerja Kegiatan Pemantauan |
Output |
Satuan |
Hasil |
Bobot |
Skor |
Minimal Nilai Dicapai |
|
Sesuai sasaran
Kegiatan |
Angka |
Disesuaikan dengan jumlah* |
Diisi BPKH |
Diisi Pengusul Dalam
Satuan % |
Diisi BPKH |
Diisi Pengusul
dalam satuan angka |
|
Pembangunan Ruang
Kelas |
|
|
|
|
|
|
1 |
Pasir Pasang |
117 |
M |
|
5,4 % |
|
90% |
2 |
Batu kali |
16 |
M |
|
1,5 % |
|
90% |
3 |
Semen |
325 |
Zak |
|
7,4 % |
|
90% |
4 |
Koral |
43 |
M |
|
1,9 % |
|
90% |
5 |
Besi ukuran 12 inchi |
694 |
Batang |
|
26,5 % |
|
90% |
6 |
Besi ukuran
6 inchi |
72 |
Batang |
|
1,1 % |
|
90% |
7 |
Kawat ikat |
67 |
Gulung |
|
2,7 % |
|
90% |
8 |
Papan cor |
180 |
Lembar |
|
1,5 % |
|
90% |
9 |
Tanah timbunan |
40 |
M |
|
1,6 % |
|
90% |
10 |
Benang |
30 |
Buah |
|
0,1 % |
|
90% |
11 |
Batu bata |
40.000 |
Biji |
|
6,7 % |
|
90% |
12 |
Kusen pintu |
5 |
Lobang |
|
0,5 % |
|
90% |
13 |
Daun pintu |
5 |
Lobang |
|
0,5 % |
|
90% |
14 |
Kusen jendela |
70 |
Lobang |
|
5,8 % |
|
90% |
15 |
Daun jendela |
70 |
Lobang |
|
5,8 % |
|
90% |
16 |
Kayu 4x6 m (Tiang profil) |
84 |
Batang |
|
1,0 % |
|
90% |
17 |
Kayu bulat (Tiang papan cor) |
150 |
Batang |
|
1,0 % |
|
90% |
18 |
Keramik warna ukuran 40x40
cm |
400 |
M |
|
9,3 % |
|
90% |
19 |
Bon-bon keramik |
25 |
M |
|
0,2 % |
|
90% |
20 |
Semen putih |
30 |
Kg |
|
0,1 % |
|
90% |
21 |
Cat tembok |
250 |
Kg |
|
2,1 % |
|
90% |
22 |
Cat kayu |
30 |
Kg |
|
0,5 % |
|
90% |
23 |
Kuas roda |
4 |
Buah |
|
0,1 % |
|
90% |
24 |
Kuas biasa No. 4 |
4 |
Buah |
|
0,1 % |
|
90% |
25 |
Upah tukang |
5 |
Ruang kelas |
|
16,6 % |
|
90% |
METODOLOGI EVALUASI PENILAIAN DAMPAK
Indikator/Evaluasi Capaian
Kinerja Dampak Yang Dinilai :
Menyajikan indikator kinerja dampak kegiatan sesuai dengan sasaran yang akan dicapai. dalam bentuk tabel sebagai berikut :
No |
Indikator Kinerja Program |
Dampak |
Satuan |
Hasil |
Sasaran Pencapaian |
|
Sesuai sasaran
Kegiatan |
Indikatif |
|
Diisi BPKH |
Diisi Pengusul Dalam Indikatif |
1 |
Pembangunan Ruang
Kelas |
Melengkapi sarana pendidikan |
151 Siswa |
|
Menampung jumlah siswa lebih banyak dan Menciptakan suasana proses
pembelajaran yang tenang dan nyaman |
No comments:
Post a Comment