Sunday, February 19, 2023

CONTOH RPP PELAJARAN TAFSIR KELAS 8

 

PERANGKAT PEMBELAJARAN

 

 

MATA PELAJARAN

T A F S I R

KELAS VIII

 

 

 

 

 

 

 

 


KALENDER PENDIDIKAN

AGENDA GURU

DAFTAR NILAI

ABSENSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

DISUSUN OLEH :

 

SAHAT SAYUTI DALIMUNTHE

 

 

MTs PP TARBIYAH ISLAMIYAH HAJORAN

TAHUN 2022/2023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : VIII / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 1-5                                 Pertemuan Ke-    : 1 (Pertama)

                                ( Ciri-Ciri Orang Bertaqwa)

 

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5

§  Mengetahui defenisi Taqwa

§  Mengetahui ciri-ciri orang yang bertaqwa

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5  dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : VIII / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 6                                    Pertemuan Ke-    : 2 (Dua)

                                ( Golongan Orang-Orang Kafir )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 6

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 6

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 6

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 6

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 6

§  Mengetahui makna انذار 

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 6

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 6  dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 6

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 6 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 6 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 6, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : VIII / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 8-10                               Pertemuan Ke-    : 3 (Tiga)

                                (Golongan Orang-Orang Munafiq )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10

§  Mengetahui alasan orang munafiq menyembunyikan kekafirannya

§  Mengetahui maksud dari kata مرض   dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir  Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : VIII / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 11-16                             Pertemuan Ke-    : 4 (Empat)

                                ( Perilaku Orang-Orang Munafiq )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16

§  Mengetahui perilaku orang-orang munafiq di hadapan orang-orang mukmin dan di hadapan pemuka kaum kafir

§  Mengetahui makna لا تفسدوا  pada ayat ke-11

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S.  Al-Baqarah ayat 11-16 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 11-16

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S.  Al-Baqarah ayat 11-16 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 11-16secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 11-16, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : VIII / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 17-20                             Pertemuan Ke-    : 5 (Lima)

                                ( Perumpamaan Orang-Orang Munafiq )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20

§  Mengetahui perumpamaan yang dicontohkan oleh Allat terhadap orang-orang munafiq

§  Mengetahui terhadap apa ketulian, kebisuan, dan kebutaan orang-orang munafiq

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S.  Al-Baqarah ayat 17-20 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 17-20

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S.  Al-Baqarah ayat 17-20 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 17-20 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 17-20, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : VIII / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 21-22                             Pertemuan Ke-    : 6 (Enam)

                                ( Perintah Beribadah Kepada Allah)

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22

§  Mengetahui kewajiban orang yang beriman terhadap Allah yang menciptakan langit dan bumi

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : VIII / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 23-24                             Pertemuan Ke-    : 7 (Tujuh)

                                (Tantangan Bagi Yang Meragukan Al-Qur’an )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24

§  Mengetahui maksud dari kata شهدائكم 

§  Mengetahui definisi surat (سورة)  yang dimaksud dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 23

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24  dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 











No comments:

Post a Comment