PERANGKAT PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN
T
A F S I R
KELAS VIII
KALENDER
PENDIDIKAN
AGENDA
GURU
DAFTAR
NILAI
ABSENSI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DISUSUN OLEH :
SAHAT
SAYUTI DALIMUNTHE
MTs
PP TARBIYAH ISLAMIYAH HAJORAN
TAHUN 2022/2023
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : VIII / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 1-5 Pertemuan Ke- : 1 (Pertama)
( Ciri-Ciri Orang Bertaqwa)
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5
§ Mengetahui
defenisi Taqwa
§ Mengetahui
ciri-ciri orang yang bertaqwa
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah
ayat 1-5
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5 dan guru membimbing peserta didik dalam
membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5 dan
tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 1-5 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi
kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh
guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah
ayat 1-5, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk
menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir Hamjah,
S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : VIII / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 6 Pertemuan
Ke- : 2 (Dua)
( Golongan Orang-Orang Kafir )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 6
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 6
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 6
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 6
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 6
§ Mengetahui
makna
انذار
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 6
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 6 dan guru membimbing peserta didik
dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 6
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 6 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 6 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi
kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh
guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 6, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : VIII / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 8-10 Pertemuan Ke- : 3 (Tiga)
(Golongan Orang-Orang Munafiq )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10
§ Mengetahui
alasan orang munafiq menyembunyikan kekafirannya
§ Mengetahui
maksud dari kata
مرض dalam Q.S. Al-Baqarah
ayat 8-10
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 8-10
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10 dan guru membimbing
peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10 dan
tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 8-10 secara klasikal, kemudian peserta didik
diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan
oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 8-10, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : VIII / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 11-16 Pertemuan Ke- : 4 (Empat)
( Perilaku Orang-Orang Munafiq )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16
§ Mengetahui
perilaku orang-orang munafiq di hadapan orang-orang mukmin dan di hadapan
pemuka kaum kafir
§ Mengetahui
makna
لا تفسدوا pada
ayat ke-11
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 11-16
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat
11-16 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan
Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat
11-16
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S.
Al-Baqarah ayat 11-16 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16secara
klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau
menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 11-16,
peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : VIII / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 17-20 Pertemuan Ke- : 5 (Lima)
( Perumpamaan Orang-Orang Munafiq )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20
§ Mengetahui
perumpamaan yang dicontohkan oleh Allat terhadap orang-orang munafiq
§ Mengetahui
terhadap apa ketulian, kebisuan, dan kebutaan orang-orang munafiq
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 17-20
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat
17-20 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan
Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat
17-20
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S.
Al-Baqarah ayat 17-20 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20 secara
klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau
menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 17-20,
peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : VIII / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 21-22 Pertemuan Ke- : 6 (Enam)
( Perintah Beribadah Kepada Allah)
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22
§ Mengetahui
kewajiban orang yang beriman terhadap Allah yang menciptakan langit dan bumi
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 21-22
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22 dan guru membimbing
peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah
ayat 21-22
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22 dan
tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22 secara klasikal, kemudian peserta didik
diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan
oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 21-22, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : VIII / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 23-24 Pertemuan Ke- : 7 (Tujuh)
(Tantangan Bagi Yang Meragukan Al-Qur’an )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24
§ Mengetahui
maksud dari kata
شهدائكم
§ Mengetahui
definisi surat (سورة) yang dimaksud dalam Q.S.
Al-Baqarah ayat 23
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 23-24
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24 dan guru membimbing peserta didik
dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24 dan
tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 23-24 secara klasikal, kemudian peserta didik
diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan
oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 23-24, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
No comments:
Post a Comment