PERANGKAT PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN
T
A F S I R
KELAS IX
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 25 Pertemuan Ke- : 1 (Pertama)
( Kabar Gembira Bagi Orang Mukmin)
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 25
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 25
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 25
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 25
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 25
§ Mengetahui
amal sholeh itu terbagi menjadi dua (2)
§ Mengetahui
beberapa kenikmatan yang diberikan kepada orang yang beriman dan yang beramal
sholeh di surga
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah
ayat 25
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 25 dan guru membimbing peserta didik dalam
membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 25
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 25 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 25 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi
kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh
guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah
ayat 25, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk
menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir Hamjah,
S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 26 Pertemuan Ke- : 2 (Dua)
( Perumpamaan di Dalam Al-Qur’an dan
Hikmahnya)
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 26
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqakrah ayat 26
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 26
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 26
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 26
§ Mengetahui
tanggapan orang yang beriman dan orang kafir terhadap perumpaan yang dibuat
oleh Allah
§ Mengetahui
hikmah dari perumpamaan yang dibuat oleh Allah
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah
ayat 26
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 26 dan guru membimbing peserta didik
dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 26
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 26 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 26 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi
kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh
guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat
26, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk
menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 27 Pertemuan Ke- : 3 (Tiga)
( Orang-Orang Yang Merugi di Dunia dan
Akhirat )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 27
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 27
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 27
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 27
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 27
§ Mengetahui
cici-ciri orang yang merugi di dunia dan akhirat
§ Mengetahui
maksud dari kalimat و يقطعون
dan يفسدون فى الأرض
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 27
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 27 dan guru membimbing peserta
didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 27
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 27 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 27 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi
kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh
guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 27, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 28 Pertemuan
Ke- : 4 (Empat)
( Kekuasaan Allah Yang Diingkari Orang Kafir )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 28
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 28
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 28
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 28
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 28
§ Mengetahui
betapa kafirnya sebagian penduduk Makkah yang mengingkari kekuasaan Allah,
Tuhan yang menciptakan manusia, mewafatkan manusia, serta membangkitkannya di
hari akhir nanti
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah
ayat 28
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat
28 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 28
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S.
Al-Baqarah ayat 28 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 28 secara
klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau
menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 28,
peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 30 Pertemuan
Ke- : 5 (Lima)
( Penciptaan Manusia Sebagai Khalifah di Bumi
)
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 30
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 30
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 30
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 30
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 30
§ Mengetahui
tujuan penciptaan manusia di muka bumi ini
§ Mengetahui
alasan malaikat merasa lebih berhak dari manusia untuk menjadi khalifah di muka
bumi ini
§ Mengetahui
proses penciptaan Nabi Adam
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 30
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat
30 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan
Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 30
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S.
Al-Baqarah ayat 30 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 30 secara
klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau
menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 30,
peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 31-33 Pertemuan Ke- : 6 (Enam)
( Tantangan Allah Kepada Malaikat Untuk
Menyebutkan Nama-Nama Benda )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33
§ Mengetahui
sejarah Nabi Adam a.s. yang mengajarkan nama-nama benda kepada para Malaikat
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 31-33
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33 dan guru membimbing
peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah
ayat 31-33
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33 dan
tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33 secara klasikal, kemudian peserta didik
diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan
oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 31-33, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 34 Pertemuan
Ke- : 7 (Tujuh)
(Perintah Sujud Kepada Nabi Adam a.s. )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 34
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 34
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 34
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 34
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 34
§ Mengetahui
maksud dari sujudnya Malaikat kepada Nabi Adam a.s.
§ Mengetahui
alasan Iblis enggan sujud kepada Nabi Adam a.s.
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 34
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 34 dan guru membimbing peserta didik
dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 34
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 34 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 34 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi
kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh
guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 34, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 47-48 Pertemuan Ke- : 9 (Tujuh)
(Peringan Kepada Bani Israil )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48
§ Mengetahui
bahwa Allah memberikan keistimewaan kepada Bani israil
§ Mengetahui
bahwa pada hari kiamat tidak ada pertolongan, fida’, dan syafa’at
(selain syafa’at para Nabi)
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah
ayat 47-48
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
5. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
6. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48 dan guru membimbing peserta didik
dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48 dan
tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48 secara klasikal, kemudian peserta didik
diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan
oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 47-48, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
7. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
8. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 43-45 Pertemuan Ke- : 8 (Tujuh)
(Perintah Sholat, Zakat, dan Sabar )
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45
§ Mengetahui
bahwa Sholat dan Zakat adalah perintah langsung dari Allah SWT
§ Mengetahui
hikmah sholat dan sabar
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 43-45
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45 dan guru membimbing peserta didik
dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45 dan
tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45 secara klasikal, kemudian peserta didik
diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan
oleh guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 43-45, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir
Hamjah, S.Pd.I Sahat
Sayuti Dalimunthe
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kelas/Semester : IX / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : TAFSIR Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
Materi Pokok : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 49 Pertemuan
Ke- : 10 (Tujuh)
( Pembebasan Bani Israil Dari Kekejaman
Fir’aun)
A. Standar
Kompetensi :
§ Memahami
terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 49
B. Kompetensi
Dasar :
§ Menerjemahkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 49
§ Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 49
C. Indikator
:
§ Menyebutkan
terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 49
§ Menghapalkan
Q.S. Al-Baqarah ayat 49
§ Mengetahui
perilaku zhalim Fir’aun kepada Bani Israil
§ Mengetahui
alasan Fir’aun menyembelih anak-anak yang baru lahir dari Bani Israil
§ Mengetahui
seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 49
D. Metode
Pembelajaran :
§ Praktek
Membaca Kitab § Ceramah Klasikal
§ Tanya
jawab § Hapalan Ayat
E. Alat
dan Sumber Belajar :
§ Spidol,
Papan Tulis § Kitab Tafsir al-Jalalain § Kamus Bahasa Arab-Indo
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan
pendahuluan
@
Memberi salam dan berdo’a untuk
memulai pelajaran
@
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi
@
Apersepsi/mengulas materi yang
sudah lewat
@
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan
Inti
@ Kegiatan
Literasi
·
Peserta didik mengikuti guru
dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 49 dan guru membimbing peserta didik
dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 49
@ Critical
Thinking (Berfikir Kritik)
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui
dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 49 dan tafsirnya
@ Communication
(Berkomunikasi)
·
Guru mempresentasikan Tafsir
Q.S. Al-Baqarah ayat 49 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi
kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh
guru
@ Creativity
(Kreativitas)
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.
Al-Baqarah ayat 49, peserta didik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
3. Kegiatan
Penutup
@
Guru bersama peserta didik merefleksikan
pengalaman belajar
@ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a
4. Penilaian
@
Penilaian Sikap : Observasi / Jurnal
@
Penilaian Pengetahuan : Tes Lisan / Hapalan
@
Penilaian Keterampilan : Diskusi dan presentasi
Hajoran, 18 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Tsanawiyah Guru
Mata Pelajaran
Amir Hamjah,S.Pd.I Sahat Sayuti Dalimunthe
KALENDER
PENDIDIKAN
AGENDA
GURU
DAFTAR
NILAI
ABSENSI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DISUSUN OLEH :
SAHAT
SAYUTI DALIMUNTHE
MTs
PP TARBIYAH ISLAMIYAH HAJORAN
TAHUN
2022/2023
No comments:
Post a Comment