Sunday, February 19, 2023

CONTOH RPP PELAJARAN TAFSIR KELAS 9

 

 

PERANGKAT PEMBELAJARAN

 

 

MATA PELAJARAN

T A F S I R

KELAS IX


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 25                                  Pertemuan Ke-    : 1 (Pertama)

                                ( Kabar Gembira Bagi Orang Mukmin)

 

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 25

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 25

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 25

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 25

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 25

§  Mengetahui amal sholeh itu terbagi menjadi dua (2)

§  Mengetahui beberapa kenikmatan yang diberikan kepada orang yang beriman dan yang beramal sholeh di surga

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 25

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 25  dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 25

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 25 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 25 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 25, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 26                                  Pertemuan Ke-    : 2 (Dua)

                                ( Perumpamaan di Dalam Al-Qur’an dan

                                  Hikmahnya)

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 26

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqakrah ayat 26

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 26

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 26

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 26

§  Mengetahui tanggapan orang yang beriman dan orang kafir terhadap perumpaan yang dibuat oleh Allah

§  Mengetahui hikmah dari perumpamaan yang dibuat oleh Allah

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 26

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 26  dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 26

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 26 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 26 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 26, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 27                                  Pertemuan Ke-    : 3 (Tiga)

                                ( Orang-Orang Yang Merugi di Dunia dan Akhirat )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 27

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 27

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 27

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 27

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 27

§  Mengetahui cici-ciri orang yang merugi di dunia dan akhirat

§  Mengetahui maksud dari kalimat و يقطعون  dan يفسدون فى الأرض 

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 27

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 27 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir  Q.S. Al-Baqarah ayat 27

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 27 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 27 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 27, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 28                                  Pertemuan Ke-    : 4 (Empat)

                                ( Kekuasaan Allah Yang Diingkari Orang Kafir )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 28

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 28

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 28

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 28

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 28

§  Mengetahui betapa kafirnya sebagian penduduk Makkah yang mengingkari kekuasaan Allah, Tuhan yang menciptakan manusia, mewafatkan manusia, serta membangkitkannya di hari akhir nanti

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 28

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S.  Al-Baqarah ayat 28 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 28

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S.  Al-Baqarah ayat 28 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 28 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 28, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 30                                  Pertemuan Ke-    : 5 (Lima)

                                ( Penciptaan Manusia Sebagai Khalifah di Bumi )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 30

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 30

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 30

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 30

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 30

§  Mengetahui tujuan penciptaan manusia di muka bumi ini

§  Mengetahui alasan malaikat merasa lebih berhak dari manusia untuk menjadi khalifah di muka bumi ini

§  Mengetahui proses penciptaan Nabi Adam

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 30

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S.  Al-Baqarah ayat 30 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 30

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S.  Al-Baqarah ayat 30 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 30 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S.  Al-Baqarah ayat 30, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 31-33                             Pertemuan Ke-    : 6 (Enam)

                                ( Tantangan Allah Kepada Malaikat Untuk

                                 Menyebutkan Nama-Nama Benda )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33

§  Mengetahui sejarah Nabi Adam a.s. yang mengajarkan nama-nama benda kepada para Malaikat

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33 dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 31-33, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 34                                  Pertemuan Ke-    : 7 (Tujuh)

                                (Perintah Sujud Kepada Nabi Adam a.s. )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 34

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 34

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 34

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 34

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 34

§  Mengetahui maksud dari sujudnya Malaikat kepada Nabi Adam a.s.

§  Mengetahui alasan Iblis enggan sujud kepada Nabi Adam a.s.

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 34

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 34  dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 34

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 34 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 34 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 34, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 47-48                             Pertemuan Ke-    : 9 (Tujuh)

                                (Peringan Kepada Bani Israil )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48

§  Mengetahui bahwa Allah memberikan keistimewaan kepada Bani israil

§  Mengetahui bahwa pada hari kiamat tidak ada pertolongan, fida’, dan syafa’at (selain syafa’at para Nabi)

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

5.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

6.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48  dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 47-48, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

7.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

8.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 43-45                             Pertemuan Ke-    : 8 (Tujuh)

                                (Perintah Sholat, Zakat, dan Sabar )

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45

§  Mengetahui bahwa Sholat dan Zakat adalah perintah langsung dari Allah SWT

§  Mengetahui hikmah sholat dan sabar

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45  dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 43-45, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Amir Hamjah, S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                : MTs. PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran                          Kelas/Semester   : IX / I (Ganjil)

Mata Pelajaran    : TAFSIR                                                                           Alokasi Waktu     : 2 X 40 Menit

Materi Pokok       : Tafsir Q.S. Al-Baqarah Ayat 49                                  Pertemuan Ke-    : 10 (Tujuh)

                                ( Pembebasan Bani Israil Dari Kekejaman Fir’aun)

 

A.     Standar Kompetensi :

§  Memahami terjemahan dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 49

B.     Kompetensi Dasar :

§  Menerjemahkan Q.S. Al-Baqarah ayat 49

§  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 49

C.     Indikator :

§  Menyebutkan terjemahan Q.S. Al-Baqarah ayat 49

§  Menghapalkan Q.S. Al-Baqarah ayat 49

§  Mengetahui perilaku zhalim Fir’aun kepada Bani Israil

§  Mengetahui alasan Fir’aun menyembelih anak-anak yang baru lahir dari Bani Israil

§  Mengetahui seluruh kosa kata bahasa Arab yang terdapat dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 49

D.     Metode Pembelajaran :

§  Praktek Membaca Kitab                                   §     Ceramah Klasikal

§  Tanya jawab                                                      §     Hapalan Ayat

E.      Alat dan Sumber Belajar :

§  Spidol, Papan Tulis                                           §     Kitab Tafsir al-Jalalain                 §    Kamus Bahasa Arab-Indo

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.      Kegiatan pendahuluan

@  Memberi salam dan berdo’a untuk memulai pelajaran

@  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

@  Apersepsi/mengulas materi yang sudah lewat

@  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan diajarkan

2.      Kegiatan Inti

@  Kegiatan Literasi

·        Peserta didik mengikuti guru dalam membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 49  dan guru membimbing peserta didik dalam membarisi matan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 49

@  Critical Thinking (Berfikir Kritik)

·        Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi kosa kata bahasa Arab yang tidak diketahui dan hal yang belum dipahami mengenai Q.S. Al-Baqarah ayat 49 dan tafsirnya

@  Communication (Berkomunikasi)

·        Guru mempresentasikan Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 49 secara klasikal, kemudian peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi apa yang telah dipersentasikan oleh guru

 

@  Creativity (Kreativitas)

·        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 49, peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

3.      Kegiatan Penutup

@  Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

@  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdo’a

4.      Penilaian

@  Penilaian Sikap                         : Observasi / Jurnal

@  Penilaian Pengetahuan            : Tes Lisan / Hapalan

@  Penilaian Keterampilan            : Diskusi dan presentasi

 

 

Hajoran, 18 Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 Amir Hamjah,S.Pd.I                                                                                     Sahat Sayuti Dalimunthe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




 

 

 

 

 

 

 

 


KALENDER PENDIDIKAN

AGENDA GURU

DAFTAR NILAI

ABSENSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

DISUSUN OLEH :

 

SAHAT SAYUTI DALIMUNTHE

 

 

MTs PP TARBIYAH ISLAMIYAH HAJORAN

TAHUN 2022/2023

No comments:

Post a Comment