Thursday, February 26, 2015

Pengembangan Perpustakaan


PENDAHULUAN


            1.1.            Latar Belakang dan Masalah

Perkembangan suatu perpustakaan dapat dilihat dari kegiatan pelayanannya. Karena keberhasilan pelayanan merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh suatu perpustakaan. Pelayanan pengguna adalah salah satu tugas penting dalam penyelenggaraan suatu perpustakaan, dimana pelayanan tersebut adalah suatu unit kegiatan yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan, informasi, dan pengarahan hingga pengguna dapat menelusuri dan mempelajari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.
Untuk melakukan tugas layanan dengan baik, pihak perpustakaan perlu mempelajari, memahami dan mengerti akan kebutuhan penggunanya. Dimana dalam memberikan pelayanannya perpustakaan harus mengutamakan kepentingan pengguna perpustakaan sehingga fungsi perpustakaan benar-benar terlaksana.          
Dari sebuah makalah ini yang akan membahas tentang pelayanan perpustakaan universitas al washliyah  Dan akan diketahui banyak perbedaan perpustaknaan al washliyah dengan perpustakaan lainnya.
Oleh sebab itu berdasarkan uraian diatas untuk mengetahui lebih jelas bagaimana pelayanan perpustakaan al washliyah. Penulis merasa tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang pelayanan perpustakaan al washliyah dengan memilih judul “Pelayanan Perpustakaan Universitas Al Washliyah”. Sesuai dengan judul  penulisan makalah ini maka masalah yang akan dibahas adalah bagaimana perbedaan pelayanan  Perpustakaan Al Washliyah.

  1.2  Rumusan masalah

Makalah ini akan mencakup bagaimana pelayanan perpustakaan universitas Al Washliyah.

            1.3          Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :
                  1.   Untuk mengetahui dengan jelas letak lokasi perpustakaan, pengguna perpustakaan, koleksi perpustakaan, dan pelayanan perpustakaan yang ada dalam  perpustakaan Al Wasliyah.
                  2.   Untuk mengetahui  sejauh mana kegiatan pelayanan pengguna yang telah dilakukan oleh perpustakaan Al Washliyah dalam memenuhi kebutuhan informasi.

            1.4      Ruang Lingkup

Ruang Lingkup perpustakaan Makalah ini adalah kegiatan pelayanan pengguna pada perpustakaan  Al Washliyah yaitu pelayanan sirkulasi dan pelayanan referensi. Pelayanan sirkulasi disini meliputi pelayanan keanggotaan, peminjaman, pengembalian, perpanjangan, penagihan, denda/sanksi, Pada pelayanan referensi yang akan dibahas yaitu tentang koleksi buku yang ada dalam perpustakaan Al Wasliyah.

 Tinjauan Literatur

1.Menurut IFLA (International of Library Associationsand Institutions)
Perpustakaan merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak dan
atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis
untuk kepentingan pemakai.”

2.Menurut sutarno NS, MSi.
“perpustakaan adalah
suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau
gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur
sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila
sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca.”

3.Menurut c. larasati milburga, dkk
“perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan
koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu
untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai
sumber informasi.”

4.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Perpustakaan berasal dari kata dasar “pustaka” yang berarti pustaka atau
buku.“Perpustakaan” artinya kumpulan buku (bacaan dsb); bibliotek

5.Dalam UU No.43 tahun 2007 tentang perpustakaan disebutkan bahwa:
Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya
cetak,dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku.




DAFTAR PUSTAKA


Hasugian Jonner, 2009. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Medan : USU Press.


           Lasa, HS. 1994. Jenis-jenis Pelayanan Informasi di Perpustakaan.  Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.


Sulistyo-Basuki, 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Sumardji, P. 1992. Pelayanan Referensi di Perpustakaan. Yogyakarta : Kanisius.





          


No comments:

Post a Comment