PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang dan Masalah
Perkembangan
suatu perpustakaan dapat dilihat dari kegiatan pelayanannya. Karena
keberhasilan pelayanan merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh suatu
perpustakaan. Pelayanan pengguna adalah salah satu tugas penting dalam
penyelenggaraan suatu perpustakaan, dimana pelayanan tersebut adalah suatu unit
kegiatan yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan, informasi, dan
pengarahan hingga pengguna dapat menelusuri dan mempelajari informasi yang
dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.
Untuk
melakukan tugas layanan dengan baik, pihak perpustakaan perlu mempelajari,
memahami dan mengerti akan kebutuhan penggunanya. Dimana dalam memberikan
pelayanannya perpustakaan harus mengutamakan kepentingan pengguna perpustakaan
sehingga fungsi perpustakaan benar-benar terlaksana.
Dari sebuah
makalah ini yang akan membahas tentang pelayanan perpustakaan universitas al
washliyah Dan akan diketahui banyak
perbedaan perpustaknaan al washliyah dengan perpustakaan lainnya.
Oleh sebab
itu berdasarkan uraian diatas untuk mengetahui lebih jelas bagaimana pelayanan
perpustakaan al washliyah. Penulis merasa tertarik untuk mengetahui lebih jauh
tentang pelayanan perpustakaan al washliyah dengan memilih judul “Pelayanan Perpustakaan Universitas Al
Washliyah”. Sesuai dengan judul
penulisan makalah ini maka masalah yang akan dibahas adalah bagaimana
perbedaan pelayanan Perpustakaan Al
Washliyah.
1.2
Rumusan masalah
Makalah ini akan mencakup bagaimana pelayanan perpustakaan
universitas Al Washliyah.
1.3
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini
adalah :
1. Untuk mengetahui dengan jelas letak lokasi perpustakaan, pengguna perpustakaan,
koleksi perpustakaan, dan pelayanan perpustakaan yang ada dalam perpustakaan Al Wasliyah.
2. Untuk mengetahui sejauh
mana kegiatan pelayanan pengguna yang telah dilakukan oleh perpustakaan Al
Washliyah dalam memenuhi kebutuhan informasi.
1.4 Ruang Lingkup
Ruang Lingkup
perpustakaan Makalah ini adalah kegiatan pelayanan pengguna pada perpustakaan Al Washliyah yaitu pelayanan sirkulasi dan
pelayanan referensi. Pelayanan sirkulasi disini meliputi pelayanan keanggotaan,
peminjaman, pengembalian, perpanjangan, penagihan, denda/sanksi, Pada pelayanan
referensi yang akan dibahas yaitu tentang koleksi buku yang ada dalam perpustakaan
Al Wasliyah.
Tinjauan Literatur
1.Menurut IFLA (International of
Library Associationsand Institutions)
Perpustakaan merupakan kumpulan
bahan tercetak dan non tercetak dan
atau sumber informasi dalam komputer
yang tersusun secara sistematis
untuk kepentingan pemakai.”
2.Menurut sutarno NS, MSi.
“perpustakaan adalah
suatu ruangan, bagian dari
gedung/bangunan, atau
gedung itu sendiri, yang berisi
buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur
sedemikian rupa sehingga mudah
dicari dan dipergunakan apabila
sewaktu-waktu diperlukan untuk
pembaca.”
3.Menurut c. larasati milburga, dkk
“perpustakaan adalah suatu unit
kerja yang berupa tempat menyimpan
koleksi bahan pustaka yang diatur
secara sistematis dengan cara tertentu
untuk digunakan secara
berkesinambungan oleh pemakainya sebagai
sumber informasi.”
4.Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI)
Perpustakaan berasal dari kata dasar
“pustaka” yang berarti pustaka atau
buku.“Perpustakaan” artinya kumpulan
buku (bacaan dsb); bibliotek
5.Dalam UU No.43 tahun 2007 tentang
perpustakaan disebutkan bahwa:
Perpustakaan adalah institusi
pengelola koleksi karya tulis, karya
cetak,dan/atau karya rekam secara
profesional dengan sistem yang baku.
DAFTAR PUSTAKA
Hasugian Jonner, 2009. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
Medan : USU Press.
Lasa, HS. 1994. Jenis-jenis Pelayanan Informasi di Perpustakaan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Sulistyo-Basuki, 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta :
Gramedia Pustaka Utama.
Sumardji, P. 1992. Pelayanan Referensi di Perpustakaan.
Yogyakarta : Kanisius.
No comments:
Post a Comment