PROPOSAL USAHA
"KERIPIK PISANG"
OLEH : FAISAL EFENDI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
Kondisi ekonomi di jaman sekarang
sedang dalam keadaan krisis ekonomi, krisis ekonomi yang sedang terjadi pada
saat ini sangat berpengaruh pada segi kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga
masyarakat sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga
mengakibatkan rendahnya kehidupan ekonomi masyarakat dan itu sangat
memprihatinkan. Selain itu dimana produksi perusahaan - perusahaan besar pun
ikut menurun, banyak pula perusahaan - perusahaan yang berhenti berproduksi
karena perusahaan tersebut juga tidak bisa lagi memproduksi dalam jumlah besar
dan perusahaan banyak yang mengalami gulung tikar / kebangkrutan sehingga
mengakibatkan penghentian karyawan - karyawan / yang lazim disebut phk
(pemutusan hubungan kerja) sehingga menambah angka pengangguran dimana - mana
semakin banyak dan khususnya di daerah kami karena sulitnya untuk mencari
pekerjaan lagi.
Mengingat pentingnya perubahan
ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyaraka di tuntut agar lebih
semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami
perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri, keluarga, maupun
untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor tersebut
saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih kreatif lagi dalam
mencari pekerjaan.
Lingkungan kami merupakan daerah
yang agraris, masih banyak lahan pertanian dan lahan pertanian tersebut banyak
digunakan untuk menanam pohon pisang karena kondisi tanah tersebut sangat cocok
sekali untuk penanaman pohon pisang, namun pisang bukanlah kebutuhan pokok di
daerah kami maka ketika mereka panen mereka kebingungan akan menjual pisang ini
kemana, kami semakin prihatin dengan kondisi seperti itu, karena itu merupakan
satu - satunya lahan pertanian yang bisa mereka jadikan sebagai mata
pencahariannya.
Dengan
melihat kondisi seperti itu kami akan membuat sebuah usaha yang pastinya dapat
membantu kesulitan - kesulitan yang sedang terjadi di daerah kami yaitu dengan
membantu masyarakat yang mempunyai lahan pertanian pohon pisang dan juga
membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. kami akan membuat keripik
pisang, dengan seperti itu para petani yang menanam pohon pisang tidak akan
lagi kebingungan untuk menjual hasil panennya dan dengan kami membuat keripik
pisang ini kami juga dapat menarik tenaga kerja sehingga angka pengangguran
dapat berkurang.
Pada saat ini banyak orang yang
serba ingin praktis dalam makanan. Maka dari itu kami akan membuat keripik
pisang ini dengan pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai makanan ini
tidak merasa bosan karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai cemilan
ini, maka kami akan berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya
relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.
1.2. Identifikasi Masalah
Pisang merupakan tumbuhan tropis
yang biasa hidup di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Sehingga
banyak terdapat di berbagai daerah dan mudah mendapatkannya. Keripik pisang
merupakan salah satu makanan jajanan yang sangat disukai oleh masyarakat. Cara
pembuatannya sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh siapa pun. Dari
pemahaman akan dunia usaha, sangat diharapkan produk yang sebaiknya dihasilkan
untuk dapat bersaing dan diterima oleh kalangan masyarakat. Oleh karena itu,
kami lebih memilih usaha untuk pengolahan keripik pisang. Karena usaha ini
terbilang mudah dan cepat di terima oleh masyarakat. Karena keripik pisang
sudah tidak asing lagi menjadi makanan ringan yang gurih dan enak ini di
kalangan masyarakat, sehingga orang pun tak akan bosan untuk terus mencoba
keripik pisang. Dari produk keripik pisang ini, kami akan menjamin kualitas
produk ini. Dari kualitas ini kami dapat melihat bagus atau tidaknya
keberhasilan dalam pengenalan wirausaha dari produk ini. Nantinya produk yang
dihasilkan dapat menjadi produk yang berkembang dalam lingkungan masyarakat.
Bukan hanya itu saja, kami juga
melihat bahwa dalam proses pembuatan keripik pisang ini sangatlah mudah maka
semua kalangan masyarakat pasti bisa membuatnya, dengan seperti itu kami tidak
akan kesulitan dalam mencari tenaga kerja untuk membantu kami dalam proses
pembuatan keripik pisang ini.
Karena pisang merupakan bahan utuma
dalam pembuatan keripik pisang ini maka kami akan memilih kualitas dan mutu
pisang yang baik. Dalam pembuatannya pun mudah dan sederhana sehingga
tidak mengurangi kualitas dan mutu produk. Selain itu juga kami akan melakukan
pengemasan pada keripik pisang yang sudah di produksi dengan kemasan yang
sederhana tetapi tidak mengurangi nilai dan rasa dari keripik pisang ini.
Keripik pisang dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis,
dan hemat.
1.3. Tujuan
Adapun tujuan kami di dalam membuat
usaha (makanan) ini adalah :
1. Untuk
memenuhi kebutuhan ekonomi
2. Untuk
menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka
pengangguran.
3. Dapat
membantu para petani yang menanam pohon pisang
4. Memasarkan
produk hasil olahan kepada masyarakat sekitar
5. Memperkenalkan
hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa keripik pisang ini
mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
BAB II
BUSINESS PLAN
2.1 Perencanaan Pemasaran
adalah suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan
baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Target pasar
Semua proses produksi telah
dilakukan, dari mulai pemilihan pisang yang baik sampai kepada packing,
kemudian yang akan kami lakukan yaitu mencari target pasar. Dalam memulai usaha
apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk
kami ini. Target pasar sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran
karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan target
pasar yang kita inginkan.
2.1.2. Volume daerah yang bisa
dijualkan
Kami akan menjual keripik pisang ini
di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang,
dengan seperti itu maka keripik kami ini akan lebih cepat dikenal banyak
lapisan masyarakat.
2.1.3. Kebijaksanaan harga jual,
Sistem pemasaran kami akan mampu
menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kami dan sejauh mana kemampuan
kami untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga,
pelayanan maupun kualitas yang saya berikan kepada para konsumen. Kami akan
mensurvei dan meneliti pesaing - pesaing saya bagaimana caranya membuat keripik
pisang ini agar berbeda dengan keripik pisang lainnya yang sudah beredar di
pasaran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun kami akan membuat keripik
pisang ini berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti
akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak
akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
Promosi
Promosi makanan yang
cepat laku adalah pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu
adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang
dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan saya
lakukan :
1. Pertama
adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang
saya jual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering
disebut delivery.
2. Melakukan
penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan
pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
3. Melalui
internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini
cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak
membuka internet seperti facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak
ada salahnya bila dicoba.
4. Melalui
iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat
terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.
Tips pemasaran
Ø Tips sukses berdagang
1. Tetapkan
impian (carilah impian yang sesuai dengan hobi dan kemampuan) atau menjual
produk sesuai dengan kebutuhan pasar, diperlukan riset dahulu dengan membaca
koran atau membuka buka internet.
2. Cari tahu
tentang bisnis itu (bahan baku, pemasaran, cara produksi)
3. Turun ke
lapangan dan perkenalkan produk
4. Cari
pengusaha yang sukses di bidang sejenis untuk sharing informasi
5. Buat
merek-logo produk
6. Silaturahim
dengan dinas, departemen, kementrian terkait. Serahkan kartu nama, foto produk,
dan company profile
7. Bermitra
dengan bumn atau perusahaan swasta yang sudah memiliki manajemen, usaha
berjalan minimal 2 tahun dan sertakan proposal.
8. Perbaiki
diri, perkuat branding, tingkatkan pelayanan, profesional, dan perluas
pemasaran
9. Berdoa dan
bersedekah, ini adalah kunci sukses yang sering di lupakan orang
Ø Swot
v Strengths (kekuatan)
ü harga keripik pisang ini
cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
ü kualitas dari keripik
pisang ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan
kebersihan dan untuk kesehatan.
ü tersedia kemasan
berbagai ukuran
ü keripik pisang ini
mempunyai rasa yang gurih dan enak
ü keripik pisang dapat
menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
v Weakness (kelemahan)
ü Bahan baku keripik
pisang yang mudah rusak
ü Keripik pisang akan
mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk
v Opportunity (peluang)
ü Kondisi masyarakat yang
semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
ü Permintaan pasar yang
semakin meningkat
v Threats (ancaman)
ü Jumlah kompetitor yang
terus meningkat
ü Munculnya produk baru
yang lebih unggul
ü Kenaikan harga bahan
baku karena jumlahnya semakin terbatas
2.2. Rencana produksi
sebagai proses untukmerencanakan
sistem produksi sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi dengan jumlah yang
tepat, waktu penyerahan yang tepat dan biaya produksi minimum.Petugas
perencanaan produksi, tugasnya lebih banyak pada manajemen bagaimana suatu
produk diproses di dalam pabrik dari bahan baku hingga siap dikirim.Perencanaan
produksi merupakan proses yang sangat kompleks.
Proses pembuatan keripik pisang ini
cukup mudah dan sederhana, dalam proses pembuatannya dibutuhkan alat - alat dan
bahan - bahan. Setelah alat dan bahannya telah siap maka proses pembuatannya
pun dapat dilakukan. Alat - alat dan bahan - bahan pembuatan keripik pisang ini
sederhana dan mudah didapatkan, tak lupa juga proses pembuatan keripik pisang
ini mudah dan sederhana sehingga hampir semua lapisan masyarakat dapat
membuatnya.
2.2.1. Alat dan bahan
Alat - alat yang digunakan dalam
proses pembuatan keripik pisang ini diantaranya adalah :
1. Penggorengan
(wajan) dan perlengkapan penggorengan lainnya digunakan untuk dalam proses
penggorengan.
2. Parutan pisang
atau pisau digunakan untuk memotong pisang
3. Tungku,
penggunaan tungku karena agar dalam proses penggorengan dapat menghasilkan
panas api yang cukup, karena jika menggunakan kompor gas bukan hanya karena
boros saja melainkan api yang dihasilkannya pun kurang.
. Bahan-bahan
Bahan-bahan yang digunakan dalam
proses pembuatan keripik pisang ini adalah :
1. Pisang, secara umum
pisang yang sering digunakan dalam pembuatan keripik pisang ini yaitu pisang
nangka, karena pisang nangka apabila digoreng pisangnya dapat kering disbanding
dengan pisang - pisang lainnya.
2. Minyak goreng,
3. Garam.
. Langkah
- langkah atau proses pengolahan
1. Langkah awal kami
yaitu memilih pisang yang muda untuk dijadikan produk.
2. Kemudian, garam
dicampurkan menjadi ke dalam wajan atau loyang yang berisi air bersih, lalu
diaduk sampai tercampur merata.
3. Selanjutnya, pisang
tersebut dikupas, diiris tipis - tipis dan dimasukkan ke dalam loyang yang
berisi larutan tadi.
4. Setelah itu, pisang
diangkat dari larutan dan dimasukkan ke dalam penggorengan yang berisi minyak
goreng, tetapi sebelum dimasukkan pastikan dulu minyak goreng telah panas.
5. Selama di dalam
penggorengan, pisang diaduk - aduk atau digerak - gerakkan agar semuanya
merata.
6. Apabila sudah kekuning
- kuningan, pisang dapat diangkat dari penggorengan dan ditiriskan dalam
beberapa menit. Tunggu hingga dingin, kemudian dikemas didalam kantong plastik
dan keripik pisang pun siap untuk dijual / dipasarkan.
2.2.3. Pemilihan lokasi/tempat usaha
Kami akan menjual keripik pisang ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak
dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik kami ini akan
lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.(tempat yang strategis).
2.3.Rencana organisasi dan manajemen
2.3.1 Struktur organisasi
2.3.2. banyaknya orang kerja dan
syarat yang diterima
Usaha keripik pisang untuk sementara
hanya membutuhkan empat karyawan. dibidang produksi dua orang dan dibidang
pemasaran dua orang.
Kriteria tenaga kerja yang diterima
kerja di usaha kripik pisang: pendidikan tidak diutamakan yang penting bisa
dibagiannya masing-masing,jujur,rajin/ulet,dan sehat jasmani dan rohani.
2.3.3. Gaji
Gaji tenaga kerja (karyawan)
diberikan perhari,Rp. 20.000/hari.
2.3.4. Pembagian tugas dan jadwal
kerja
Mereka (karyawan) bekerja tiap hari
berganti-gantian.
PERENCANAAN BISNIS
2.4. Rencana keuangan
Dalam berwirausaha tujuan yang
paling utama ialah memperoleh keuntungan. Keuntungan di sini tergantung pada
apa yang kita hasilkan dan bagaimana cara menjual produk tersebut. Dalam sehari
saya dapat menghasilkan dan menjual keripik pisang ini sebanyak 30kg dengan
membutuhkan bahan baku yaitu pisang sebanyak 50 kg, selain pisang yang sebagai
bahan baku dari pembuatan keripik pisang ini dibutuhkan juga minyak untuk
melakukan proses penggorengan dan yang dibutuhkan sebanyak 15 kg, agar rasa
keripik pisang ini gurih, renyah dan enak maka dalam proses pembuatannya
dibutuhkan bumbu – bumbu sebagai penyedap rasa dalam keripik pisang ini.
Dalam proses pembuatannya juga saya
membutuhkan 3 orang sebagai tenaga kerja untuk membantu saya dalam memproduksi
keripik pisang ini, dan setelah keripik pisang ini matang maka langkah
selanjutnya adalah pengemasan maka saya membutuhkan kemasan untuk mengemas
keripik pisang ini sebagai biaya pembungkus, setelah semuanya sudah siap maka
keripik pisang tersebut tinggal dipasarkan / dijual, dengan itu maka saya
membutuhkan biaya transportasi.
Adapun harga - harga dari bahan -
bahan pembuatan keripik pisang dan biaya - biaya yang akan keluar dalam
produksi keripik pisang ini yaitu :
1
|
Pisang
|
Rp. 4.000 / Kg
|
2
|
Minyak
|
Rp. 10.500 / Kg
|
3
|
Bumbu
|
Rp. 10.000
|
4
|
Tenaga Kerja
|
Rp. 20.000 / Orang
|
5
|
Biaya Pembungkus
|
Rp. 10.000
|
6
|
Biaya Transportasi
|
Rp. 10.000
|
7
|
Lain - Lain
|
Rp. 10.000
|
Adapun perhitungan rugi / laba
selama proses produksi hingga proses pemasaran keripik pisang ini, dari mulai
modal 1 hari, 1 minggu hingga 1 bulan dan laba yang diperoleh selama 1 hari, 1
minggu hingga 1 bulan yaitu sebagai berikut :
Ø Pisang 50
kg x Rp.
4.000 = Rp.
200.000
Ø Minyak 15 kg
x Rp. 10.500 = Rp.
157.500
Ø Bumbu = Rp. 20.000
Ø Tenaga kerja 4
x Rp.
20.000 = Rp. 80.000
Ø Biaya
pembungkus = Rp. 10.000
Ø Biaya
transportasi = Rp. 10.000
Ø Lain –
lain = Rp. 20.000 +
Rp.
497.500,-
Harga jual keripik pisang
ini =
Rp. 20.000 / kg
Maka dalam
sehari =
30 x Rp. 20.000 = Rp.600.000
Jadi
labanya = Harga
Jual – Modal
600.000
– 497.500
= Rp. 102.500 / hari
Dengan demikian dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
& Modal
§ Modal dalam
1
hari
Rp. 497.500
§ Modal dalam
1 minggu Rp. 3. 362.500
§ Modal dalam
1 bulan Rp. 14.345.000
& Laba
§ Laba dalam 1
hari
Rp. 102.500
§ Laba dalam 1
minggu
Rp. 837.500
§ Laba dalam 1
bulan
Rp. 3.655.000
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Kripik pisang adalah produk makanan
ringan dibuat dari irisan buah pisang dan digoreng, dengan atau tanpa bahan
tambahan makanan yang diizinkan. Tujuan pengolahan pisang menjadi kripik pisang
adalah untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan/memperpanjang kemanfaatan
buah pisang. Syarat mutu kripik pisang dapat mengacu SNI 01-4315-1996, Kripik
Pisang.
No comments:
Post a Comment