EVALUASI
PELAKSANAAN
INDOFOOD
LEADERSHIP CAMP I – II
BISMA
BATCH 7
AKADEMI
MILITER, MAGELANG
JUMAT –
MINGGU, 30 JANUARI – 8 FEBRUARI 2015
Nama : FAISAL EFENDI
Fakultas : Ilmu Budaya/
Sastra Jepang
PTN : Universitas
Sumatera Utara
Untuk memberikan masukan dalam
rangka penyempurnaan kerjasama program BEASISWA INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk.
“BISMA” dimasa-masa yang akan datang sehingga semakin mempunyai manfaat dan
makna, mohon kiranya dapat diberikan masukan/evaluasi, proses pencapaian
termasuk kesan/pesan atas pelaksanaan program “INDOFOOD LEADERSHIP CAMP I – II
BISMA BATCH 7”, sebagaimana berikut:
Caranya adalah dengan memberikan
tanda silang (X) pada pilihan:
1.
SK –
Sangat Kurang = 1
2.
K –
Kurang = 2
3.
C –
Cukup = 3
4.
B – Baik
= 4
5.
SB –
Sangat Baik = 5
INDOFOOD
LEADERSHIP CAMP I
Aspek Penilaian Dialog
Interaktif “Menjadi Pemimpin yang Berjiwa Patriotisme” dengan narasumber:
1. Mayor
Jenderal TNI Sumardi -
Gubernur AKMIL
2.
Joseph Bataona - Direktur PT Indofood Sukses Makmur
Tbk.
3.
Hasnul Suhaimi – Presiden Direktur PT XL Axiata
Tbk.
4.
Arief Wana - Ketua Yayasan Karya Salemba Empat
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
X
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “How
to Be a Good Leader” (narasumber
Hasnul Suhaimi - Presiden Direktur PT XL
Axiata Tbk.)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
X
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Inspiring and Developing Others" (narasumber
Cahyana Puthut Wijanarka – People Develop People)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
X
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Proxy War” (narasumber Mayor Jenderal
TNI Sumardi – Gubernur
Akademi Militer)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
X
|
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
X
|
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap ”Leadership: Pengenalan Diri dan Pembangunan Karakter” (narasumber Joseph Bataona - Direktur Corporate Human Resource PT Indofood Sukses Makmur Tbk.)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
|
X
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
|
X
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
|
X
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
|
X
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Visi,
Misi, dan Strong Business Structure Indofood” (narasumber Stefanus Indrayana - General Manager Corp. Communication PT Indofood Sukses
Makmur Tbk)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan materi
|
|
|
|
X
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Emotional
Intelligent” (narasumber
Ami Tantri – Wakil Ketua Yayasan Karya Salemba Empat)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
|
X
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
|
X
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “The
Meaning Of Life” (narasumber
Satriadi Indarmawan – Ketua Dewan Pengawas Yayasan Karya Salemba Empat)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
X
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Writing Skills" (narasumber Irwan Ariefyanto – Jurnalis
Nasional)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
|
X
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
|
X
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Winner Roadmap, Good to Great, & Build Up Dream" (narasumber Rima
Olivia - Ahmada Consulting)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
|
X
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
INDOFOOD
LEADERSHIP CAMP II
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Membangun Pertahanan Negara yang Kuat” (narasumber Letkol
Caj. Drs. George Royke Deksino R., M.Han)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
X
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Wawasan
Kebangsaan” (narasumber Letkol Arm. Joko P.)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
|
X
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Psikologi Kepemimpinan” (narasumber Mayor Inf. Namr Djalil, S.Psi)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
X
|
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi dan Sesi Diskusi berama Taruna AKMIL dengan tema “Peran Pemuda
dalam Menghadapi Proxy War” (narasumber Mayor Arh. Heri Wijanarko, S.Sos
M.Sc)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Cara fasilitator menyampaikan
materi
|
|
|
|
X
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap Materi “Pengetahuan Navigasi & Survival” (narasumber Tim
Pelatih Baglat dan Jasmani Akademi Militer)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
X
|
|
|
2
|
Hubungan materi dengan
pengetahuan saya
|
|
|
X
|
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Aspek Penilaian Terhadap “Praktek
Navigasi, How to Fight (HTF) dan Survival” (narasumber Tim
Pelatih Baglat dan Jasmani Akademi Militer)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Isi materi
|
|
|
|
|
X
|
2
|
Hubungan materi dengan
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
3
|
Dapat diterapkan sesuai
pengetahuan saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
X
|
|
Keseluruhan
Pelatihan
Aspek Penilaian Terhadap “Pembentukan
Sikap dan Kedisiplinan” (fasilitator Tim Pelatih Baglat AKMIL)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Susunan acara/manajemen waktu (Camp II)
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Kinerja Pelatih
|
|
|
|
|
X
|
3
|
Dapat diterapkan oleh saya
|
|
|
|
X
|
|
4
|
Membawa manfaat bagi saya
|
|
|
|
|
X
|
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Susunan acara/manajemen waktu (Camp I)
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Kinerja Officer
|
|
|
X
|
|
|
Aspek
Penilaian Terhadap Pelayanan secara Umum (KSE)
NO.
|
KETERANGAN
|
SK
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
1
|
Susunan acara/manajemen waktu
keseluruhan
|
|
|
|
X
|
|
2
|
Kinerja panitia
|
|
|
|
|
X
|
3
|
Materi secara keseluruhan
|
|
|
|
X
|
|
Proses Pencapaian setelah pelaksanaan Pelatihan INDOFOOD LEADERSHIP CAMP I
- II (point 1-3 hanya contoh saja...silahkan rekan-rekan
menetuka sendiri apa pencapaian yang dirasakan atau membawa manfaat… *hapus intruksi dalam tanda kurung ini dan
contoh dibawah sebelum mengirimkan...)
NO.
|
SEMULA
|
HASIL
|
PROSES
|
1
|
Individualis, Kurang Disiplin dalam Waktu,
Kurang Peka dengan Sesama
|
Sosialis, Empati, Disilin dalam Beberapa
Hal dan mempunyai jiwa korsa (kebersamaan)
|
Bersosialisasi
dan berdiskusi dengan teman sekamar,
dan teman duduk sederet di kursi. Saling mengingatkan satu sama lain.
Membangunkan teman yang mengantuk atau tidur saat sesi materi. Jika ada satu
orang yang berbuat kesalahan maka hukumannnya ditanggung oleh semuanya
berarti kita harus peduli pada teman-teman lain supaya tidak dihukum.
|
2
|
Pemimpin yang tidak efektif
|
Pemimpin yang efektif
|
Setelah
menyimak dan memaknai materi “Multidimension leadership”, saya menjadi sadar
kalau kepemimpinan yang saya terapkan selama ini adalah pemimpin yang egois.
Oleh karena itu, saya mencoba meningkatkan relationship saya terhadap
orang-orang yang di sekitar saya
|
3
|
Prestasi
Akademik kurang maksimal
|
Meningkat
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
Dst..
|
|
|
|
Kesan, saran, dan harapan terhadap Pelatihan
"Indofood Leadership Camp I-II Batch 7"
Kesan:
Saran:
Harapan:
Terimakasih
atas partisipasi rekan-rekan sekalian
No comments:
Post a Comment