Monday, March 23, 2015

GLOBALISASI PERDAGANGAN OLEH FAISAL EFENDI

  Globalisasi perdagangan adalah salah satu jenis globalisasi ekonomi dan cara (indikator ekonomi) pelaksanaan integrasi ekonomi. Di tingkat nasional, globalisasi perdagangan secara kasar mewakili proporsi seluruh produksi yang melintasi batas negara, serta jumlah lapangan pekerjaan di negara yang bergantung pada perdagangan luar negeri. Di tingkat global, globalisasi perdagangan mewakili proporsi seluruh produksi dunia yang digunakan untuk impor dan ekspor antarnegara.
  Dampak negatif globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan :
  • Arus masuk perdagangan luar negeri menyebakan defisit perdagangan nasional.
  • Maraknya penyelundupan barang ke Indonesia.
  • Masuknya wisatawan ke Indonesia melunturkan nilai luhur bangsa.
  • Indonesia kerap dijadikan tempat perdagangan "gelap" karena mudahnya akses komunikasi dan transportasi
  • Meningkatkan sifat konsumtif masyarakat.
Dampak positif globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan :
  • Liberalisasi perdagangan barang, jasa layanan, dan komodit lain memberi peluang kepada Indonesia untuk ikut bersaing merebut pasar perdagangan luar negeri, terutama hasil pertanian, hasil laut, tekstil, dan bahan tambang.
  • Di bidang jasa kita mempunyai peluang menarik wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan alam dan budaya tradisional yang beraneka ragam.
  • Lebih mudah mendistribusikan hasil industri ke mancanegara dengan kemajuan alat teknologi informasi dan transportasi
·          
·         Dampak Globalisasi Bidang Transportasi
·         Transportasi masa kini sudah marak di mana mana. Contohnya Sepeda motor, Mobil,Truk, DLL. transportasi itu ternyata membuat kira ringan untuk berpergian. Dan anakanak zaman sekarang dari umur 12 tahun sudah bisa untuk menggunakan kendaraansepeda motor. Itu juga dari dampak globalisasi masa kini yang sangat cepat menyeranganak anak.Zaman dulu transportasi tersebut jarang yang menggunakan karena transportasi ituharganya mahal untuk di beli. dulu transportasi kebanyakan menggunakan sepeda. itupun juga ada pajaknya namanya plembir. jika telah membayar pajak sepeda itu adastiker plembir itu. seperti kendaraan sekarang ya.....Jangan bilang transportasi zaman dulu punah. ternyata transportasi zaman dulu digemari oleh anak anak sekarang terutama sepeda. dan transportasi seberti dokar,andong, becak kereta api masih banyak di gunakan oleh masyarakat sekarang. bahkansepeda pun di harapkan oleh pemerintah untuk mengatasi pemanasan global yangterjadi saat ini. di setiap rambu lalu lintas daerah kota Yogyakarta di berikan tempatkhusus berhenti untuk sepeda
·          
·         Lalu andong dan dokar tersebut di jadikan untuk wisata pengunjung dari luar kota ataudi jadikan alat transportasi jarak dekat. Coba kita lihat di kawasan Malioboro dan dikawasan Candi Borobudur, di sana kita bisa melihat andong dan dokar berkumpul disana (kalo malioboro adanya andong.

·        




GLOBALISASI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
16.08

Teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi dewasa ini telah mengalami perkembangan sedemikian pesat. Kemajuan  di bidang inilah yang paling cepat memunculkan terbentuknya era global yang antarnegara seakan-akan tidak ada lagi batas-batas teritorial. Globalisasi menunjukkan perubahan besar dalam masyarakat dunia. Apa yang ditunjukkan bukan sesuatu yang mengada-ada. Bukan sekadar soal kita menambah perlengkapan modern, seperti video, fashion, televisi parabola dan computer dalam cara hidup. Kita hidup di dalam dunia yang sedang mengalami transformasi yang luar biasa sehingga pengaruhnya hamper melanda stiap aspek kehidupan. Kita didorong masuk ke dalam tatanan global yang tidak sepenuhnya dipahami oleh siapa pun, namun dampaknya bias kita rasakan.

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menjadi sebuah fenomena yang selalu menarik untuk diminati. Teknologi komunikasi dan informasi merupakan perangkat teknologi yang membantu manusia dalam berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi menjadikan manusia dalam berhubungan dengan pihak lain seakan tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat. Kapan pun dan dimana pun manusia dengan perangkat teknologi tersebut bias menjalin hubungan, mendapatkan informasi, dan menyebarkan informasi kepada orang lain. Teknologi komunikasi informasi telah memberikan kemudahan dalam pergaulan hidup manusia. Bebrapa perangkat teknologi komunikasi informasi yang ada sekarang, misalnya:
  1. Media cetak, seperti Koran, tabloid, dan majalah.
  2. Media audio, seperti radio, tape, compact disk.
  3. Media audio visual, seperti televise, TV kabel, internet.
  4. Komputer, perangkat inframerah, telepon, handphone, LCD, kamera, laptop.








No comments:

Post a Comment